Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPJS KETENAGAKERJAAN Pekalongan Bayar Klaim Rp500 Miliar

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2015 telah membayarkan klaim pada para peserta mencapai lebih Rp500 miliar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Januari 2016  |  14:30 WIB
Karyawan BPJS Ketenagakerjaan tengah melayani peserta penjaminan. - Bisnis.com
Karyawan BPJS Ketenagakerjaan tengah melayani peserta penjaminan. - Bisnis.com

Bisnis.com, PEKALONGAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2015 telah membayarkan klaim pada para peserta mencapai lebih Rp500 miliar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Heri Purwanto mengatakan bahwa perusahaannya tidak hanya menarik iuran saja tetapi juga membayarkan hak pada para pekerja.

"Adapun, klaim lebih didominasi untuk jaminan hari tua dan jaminan kematian. Jumlah pembayaran klaim pada 2015 juga hampir mendekati sama dengan pembayaran tahun sebelumnya," katanya di Pekalongan, Jumat (1/1/2016).

Menurut dia, sesuai dengan peraturan baru jaminan kematian yang diberikan pada pekerja mencapai Rp24 juta, bahkan jika masa kepesertaan sudah mencapai lima tahun lebih akan mendapatkan beasiswa untuk anak sebesar Rp12 juta.

Hingga saat ini, kata dia, belum semua perusahaan di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan mengikutsertakan pekerjanya menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Ia menyebutkan wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan meliputi, Kabupaten Pemalang, Kota/Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang. "Adapun jumlah perusahaan 1.431 unit dengan tenaga kerja sekitar 47.000. Kami berharap pemilik perusahaan segera mengikutkan kepesertaannya," katanya.

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja serta jumlah pekerja formal, BPJS memperkirakan jumlah tersebut masih sangat sedikit dan jauh dari harapan.

"Persoalan tersebut menjadi tanggung bersama BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan, serta para pekerja untuk memahami arti penting jaminan sosial ketenagakerjaan," katana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekalongan bpjs ketenagakerjaan

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top