Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mastercard Dorong Penggunaan Pembayaran Elektronik di Sektor UMKM

Mastercard bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Bali serta Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) telah menyelenggarakan workshop Master Your Card untuk memberikan edukasi mengenai keuntungan pembayaran elektronik bagi pertumbuhan dan kelangsungan bisnis para pelaku usaha, terutama di sektor UMKM.
Mastercard bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Bali serta Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) telah menyelenggarakan workshop Master Your Card./Bisnis
Mastercard bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Bali serta Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) telah menyelenggarakan workshop Master Your Card./Bisnis

Bisnis.com,JAKATA--Mastercard bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Bali serta Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) telah menyelenggarakan workshop Master Your Card untuk memberikan edukasi mengenai keuntungan pembayaran elektronik bagi pertumbuhan dan kelangsungan bisnis para pelaku usaha, terutama di sektor UMKM.

Hal ini diperlukan guna membantu persiapan para pelaku usaha UMKM di Bali dalam menangkap peluang bisnis. Apalagi, berdasarkan studi Mastercard Asia Pacific Destinations Index (APDI), Bali merupakan salah satu destinasi wisata terkemuka di Asia Tenggara, yang diperkirakan akan dikunjungi oleh lebih dari 7 juta wisatawan pada 2016 di mana total pengeluaran mereka diperkirakan mencapai US$11 miliar.

Ravi Aurora, Executive Director Community Relations Mastercard, mengatakan Bali merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit yang menarik jutaan pengunjung global. Hal ini menyajikan sebuah kesempatan besar bagi usaha kecil untuk memanfaatkan kenyamanan dan keuntungan teknologi pembayaran elektronik untuk mengembangkan bisnis mereka serta memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyediakan sebuah alat transaksi pembayaran yang aman dan nyaman sebagai pengganti uang tunai.

"Konsumen kini menginginkan adanya pembayaran yang lebih aman, mudah dan fleksibel, dan pembayaran elektronik memungkinkan seluruh hal tersebut untuk diterapkan dalam bisnis," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (/8/2016).

Workshop Master Your Card yang diselenggarakan pada 4 Agustus 2016 di Bali ini mendapat sambutan positif dari sekitar 150 peserta, yang terdiri dari pelaku bisnis UMKM di Bali yang juga merupakan anggota KADIN dan APKOMINDO. Melalui workshop ini, para peserta diberikan pemahaman mendalam terkait dengan fasilitas dan pengetahuan mengenai pembayaran elektronik dalam bisnis yang dapat mempermudah untuk mencapai tujuan bisnis dan finansial mereka.

Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, Ketua Umum KADIN Provinsi Bali, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi lokakarya Master Your Card ini yang telah memberikan pengetahuan bagi anggota dan mitra KADIN, terutama tentang bagaimana memanfaatkan teknologi pembayaran elektronik untuk menumbuhkan usaha.

"Kami juga senang dapat bekerjasama dengan Mastercard dalam menyelenggarakan lokakarya Master Your Card ini. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kerjasama yang berkelanjutan antara KADIN dan Mastercard,” katanya.

‘Master Your Card’ merupakan sebuah program pemberdayaan komunitas dari Mastercard yang fokus pada edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keuntungan pembayaran elektronik untuk meningkatkan daya saing para pengusaha UMKM di kancah nasional maupun internasional.

Melihat tingginya antusiasme dari para pelaku UMKM terhadap workshop ini, Mastercard akan terus bekerja sama dengan para mitra strategis, seperti KADIN dan APKOMINDO, untuk terus mempromosikan keuntungan dari penggunaan pembayaran elektronik terutama dalam industri UMKM di kota-kota lainnya di Indonesia.

Selain itu, workshop ini juga diharapkan dapat mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempercepat terciptanya less cash society.

Komang Purnama, Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO), mengatakan pihaknya menyambut baik diadakannya workshop ini bersama dengan Mastercard, melanjutkan hubungan baik antara Mastercard dan APKOMINDO yang telah dimulai dari workshop sebelumnya di Jakarta.

"Kami yakin workshop ini dapat memberikan manfaat besar bagi anggota APKOMINDO. Para penjual harus memahami hak dan kewajibannya dan waspada terhadap penipuan, serta dapat memanfaatkan pembayaran elektronik untuk meningkatkan penjualan," ujar Komang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper