BNI Perluas Sistem Penyaluran Bansos Secara Digital di Jateng

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., memperluas penerapan sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di wilayah Jawa Tengah.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 20 Agustus 2016  |  10:45 WIB
BNI Perluas Sistem Penyaluran Bansos Secara Digital di Jateng
BNI

Bisnis.com,SEMARANG-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., memperluas penerapan sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di wilayah Jawa Tengah.

Wilayah penerapan sistem itu berada di Solo dan Boyolali, Jateng. Sebagian dari para penerima manfaat bantuan sosial atau subsidi pemerintah di kedua kota tersebut sudah dapat bertransaksi membeli Sembako di Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama (Warong KUBE) tanpa harus menggunakan uang tunai.

Transaksi pembayaran akan menggunakan uang elektronik yang disiapkan oleh BNI.

Acara Peresmian e-Warong KUBE dan Uji Coba Sistem Pembayaran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) & Beras untuk Keluarga Sejahtera (RASTRA) ini dilaksanakan secara simultan pada Jumat, (19/8/2016 ) di dua lokasi berbeda, yaitu di Warong KUBE Gulon Sejahtera, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo, dan Warong KUBE Nur Hidayah, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto mengungkapkan, peluncuran Layanan e-Warong KUBE di Solo dan Boyolali merupakan yang ke-7 kalinya yang dilakukan oleh BNI, dan akan terus berkembang di Indonesia.

Menurutnya, BNI menaruh komitmen tinggi terhadap beragam program bantuan sosial dari pemerintah, karena BNI lahir dan berkembang dari masyarakat ekonomi kecil.
"Dengan sistem penyaluran Bantuan Sosial secara digital ini, penerima manfaat bantuan sosial akan mendapatkan banyak manfaat," paparnya dalam keterangan resmi pada Sabtu (20/8/2016).

Dengan KKS, katanya, penerima manfaat dapat melakukan transaksi di seluruh jaringan e-Warong KUBE dan jaringan BNI serta jaringan agen-agen BNI46 yang saat ini sudah mencapai sekitar 12.000 agen.

Menteri Sosial dan Wakil Dirut BNI sama-sama menyaksikan transaksi yang dilakukan oleh Pengelola kedua Warong KUBE tersebut, yaitu Sri Muryanti (Warong KUBE Gulon Sejahtera) dan Rochmiyati (Warong KUBE Nur Hidayah). Hingga saat ini, BNI telah membangun 11 Warong KUBE yang tersebar di Malang, Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Jumlahnya akan bertambah dengan dibukanya Warong KUBE di Solo, Boyolali, dan Semarang menjadi 14 Warong KUBE.

Melalui Warong KUBE tersebut BNI juga dapat mengembangkan basis nasabahnya, yaitu lebih dari 200 penerima manfaat Bantuan Sosial dan pemilik KKS.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Solo FX Hadi Rudiyatmo, dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bni

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup