Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Perkuat Literasi Keuangan Syariah

Bank Indonesia (BI) berupaya memperkuat literasi keuangan syariah yang selama ini masih rendah salah satunya dengan meluncurkan buku bertajuk Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 26 Oktober 2016  |  17:05 WIB
Kantor Bank Indonesia - Reuters/Darren Whiteside
Kantor Bank Indonesia - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, SURABAYA – Bank Indonesia (BI) berupaya memperkuat literasi keuangan syariah yang selama ini masih rendah salah satunya dengan meluncurkan buku bertajuk ‘Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia’.

Deputi Gubernur BI, Hendar mengatakan buku tersebut diyakini dapat membantu memperkenalkan istilah-istilah syariah berbahasa Arab yang selama ini belum banyak dipahami oleh masyarakat.

Beberapa pilar yang dilakukan salah satunya melalui edukasi kepada masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dan pelaku perbankan syariah.

"Buku ini akan memperkenalkan istilah-istilah yang tidak dipahami oleh masyarakat,” jelasnya seusai peluncuran dan bedah buku ‘Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia’ dalam rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2016, Rabu (26/10/2016).

Hendar mengatakan agar istilah syariah dalam bahasa Arab mudah dipahami masyarakat, BI tidak bisa begitu saja mengubah atau menamai istilah tersebut ke dalam Bahasa Indonesia. Namun, akad-akad berbahasa Arab yang digunakan dalam keuangan syariah tersebut akan lebih disosialisasikan artinya dalam Bahasa Indonesia.

“Kalau pun harus menggunakan istilah Arab, kita harus mensosialisasikan artinya dalam Bahasa Indonesia. Kita tidak bisa mengeliminir,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

literasi keuangan keuangan syariah
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top