Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TIPS FINANSIAL: Gaji Cepat Habis? Coba 6 Kiat Berikut

Menabung adalah salah satu bagian terpenting dalam perencanaan keuangan. Menabung dapat membantu Anda mewujudkan berbagai impian seperti membeli rumah, membeli mobil, dan melaksanakan ibadah umroh. Sayangnya, tak semua orang pandai untuk menyisihkan penghasilannya.
CekAJA.com
CekAJA.com - Bisnis.com 02 Februari 2017  |  14:52 WIB
TIPS FINANSIAL: Gaji Cepat Habis? Coba 6 Kiat Berikut
Ilustrasi - Bplans
Bagikan

Menabung adalah salah satu bagian terpenting dalam perencanaan keuangan. Menabung dapat membantu Anda mewujudkan berbagai impian seperti membeli rumah, membeli mobil, dan melaksanakan ibadah umroh. Sayangnya, tak semua orang pandai untuk menyisihkan penghasilannya.

Ada berbagai kendala bagi seseorang untuk menabung secara rutin. Alasan yang paling umum adalah penghasilan yang minim. Boro-boro menabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit.

Bagi Anda yang merasa kesulitan menabung, berikut ini beberapa tip agar gaji Anda tidak selalu habis dan bisa menabung setiap bulan.

1. Tentukan apa tujuan Anda menabung

Mungkin saja kegagalan dalam menabung akibat tidak adanya tujuan yang jelas. Cobalah untuk membuat tujuan terlebih dahulu secara spesifik, misalnya menabung untuk uang muka membeli rumah. Dengan begitu, Anda punya target yang jelas dan akan lebih bersemangat mengumpulkan uang.

2. Tekan pengeluaran harian

Apa saja pengeluaran Anda dalam sehari? Makan, transportasi, jajan? Anda pasti sering sekali mendengar manfaat membawa bekal sendiri, kenapa tidak mencobanya? Uang jatah makan siang dan jajan di kantor bisa Anda pangkas dengan cara ini.

3. Menabung di awal

Menabunglah begitu mendapat gaji. Cara ini lebih efektif daripada menabung di akhir waktu, karena besar kemungkinan uang Anda sudah habis.

4. Buat rekening terpisah atau tabungan rencana

Berapa rekening yang Anda punya? Jika hanya punya satu untuk menampung gaji, buatlah rekening lain untuk tabungan. Kalau perlu, buatlah tabungan rencana agar program menabung Anda lebih mudah untuk berhasil.

Tabungan rencana adalah produk dari bank yang membantu Anda menabung sesuai target dalam jangka waktu tertentu, dan bunganya lebih tinggi dari tabungan biasa. Enaknya lagi Anda bisa memanfaatkan fasilitas autodebet yang ‘memaksa’ Anda untuk menabung.

5. Coba hitung pemasukan Anda dalam setahun, renungkan kemana saja perginya?

Kalau Anda menghitung jumlah pemasukan Anda dalam setahun, akan terlihat jumlah yang sangat lumayan. Anda yang sudah bertahun-tahun bekerja tetapi tak punya tabungan, bisa jadi akan menyesal. Misalkan gaji Anda Rp 8 juta, setahun Anda mendapatkan Rp 96 juta. Jika 20% saja Anda tabung, hasilnya mencapai Rp 19 jutaan setahun.

6. Jangan lupakan asuransi

Asuransi menyelamatkan Anda dan keluarga dalam berbagai keadaan darurat, seperti sakit dan kecelakaan. Asuransi akan menanggung biaya ketika Anda mengalami hal-hal buruk tersebut. Jadi, jangan lupakan asuransi jika tak ingin tabungan Anda terkuras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manajemen keuangan tips keuangan

Sumber : www.cekaja.com

Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top