Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berikut Langkah Mencoba Layanan BI Checking

Bank Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan data debitur atau yang dikenal dengan BI Checking.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 14 September 2017  |  21:05 WIB
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan data debitur atau yang dikenal dengan BI Checking.

Baru-baru ini, Bisnis mencoba layanan tersebut. Berikut tahapan untuk melakukan BI Checking.

  • Singgah ke Kantor Bank Indonesia

Saat berkunjung ke kantor BI, masyarakat harus membawa kartu identitas asli, seperti KTP atau paspor bagi untuk warga negara asing. Lantas, mengambil nomor antrean di meja costumer service.

  • Mengisi data diri

Setelah itu, Bisnis mengisi selembar formulir. Lantas data tersebut diinput dengan sigap oleh petugas BI. Setelah itu kartu identitas di-scan. Setelah itu, permintaan BI Checking diproses dengan waktu tunggu sekitar 20-30 menit.

  • Penyerahan dokumen rahasia

Setelah menunggu sambil menikmati camilan, dokumen IDI Historis sebanyak tiga lembar pun diserahkan. Setelah itu, petugas BI akan membantu menjelaskan isi dokumen secara detail halaman per halaman.

Pada halaman pertama, ada beberapa alamat lengkap yang terekam serta lokasi pekerjaan dan bidang usaha pemilik dokumen. Lembaran kedua dan ketiga, berisi nominal surat berharga dan berbagai jenis kredit, seperti kartu kredit, cicilan kendaraan bermotor, hingga Jamkrindo.

Kolom lain yang tertera di IDI Historis, yakni irrevocable L/C, garansi bank dan kredit kelolaan. Selain itu, ada juga kolom agunan, penjamin, total plafon kredit, baki debet dan lembaga keuangan yang berperan sebagai kreditur.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bi
Editor : Ana Noviani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top