Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018: Dorong Lembaga Keuangan Mikro Kembangkan Diri

Bisnis.com, JAKARTA Pengembangan kapasitas dan penguatan institusi lembaga keuangan mikro menjadi salah satu fokus perhatian Citi.
MediaDigital | 29 September 2017 10:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan kapasitas dan penguatan institusi lembaga keuangan mikro menjadi salah satu fokus perhatian Citi.

Melalui Citi Microentrepreneurship Awards, Citi mendorong agar lembaga keuangan mikro selalu mendapat dukungan untuk mengembangkan institusi dan sumber daya manusianya.

Tahun ini, Citi menggelar Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018. Penghargaan diberikan kepada lembaga keuangan mikro yang terus mengembangkan diri dan berdampak baik bagi lingkungan sekitarnya.

Tahun lalu KSPPS Bina Sejahtera Ummat memenangkan penghargaan The Most Innovative Microfinance Institution dalam Citi Microentrepreneurship Awards 2016-2017.

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Bina Sejahtera Ummat menjadi Pemenang Most Innovative Microfinance Institution Citi Microentrepreneurship Awards 2016-2017 atas apa yang telah mereka lakukan, baik untuk pengembangan institusi itu sendiri maupun manfaat kehadirannya bagi masyarakat.

Koperasi syariah ini diprakarsai 20 pekerja kemanusiaan dari Muslim Aid. Mengawali aktivitas sebagai Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pada tahun 2011 yang fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Tahun 2013 KSM ini mengalami titik balik. Animo masyarakat yang meningkat signifikan mendorong perlunya sebuah lembaga yang lebih terstruktur dan profesional.

KSM pun bertransformasi menjadi koperasi berbasis syariah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Sejahtera Ummat di Banda Aceh tahun 2015.

Kini KSPPS Bina Sejahtera Ummat memiliki 500 anggota.

Koperasi ini dibangun dengan misi memajukan koperasi dan masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi. Program pemberdayaan itu selain berbasis layanan finansial, juga diperkuat dengan pengembangan sumber daya manusia.

Layanan finansial yang ditawarkan KSPPS Bina Sejahtera Ummat berupa pembiayaan Wakalah dan Murabahah murni, tabungan, dan deposito.

Komitmen untuk memberikan akses finansial terhadap para pengusaha mikro di Aceh, juga memberi pendampingan kepada para anggotanya, membuat KSPPS Bina Sejahtera Ummat mendapatkan penghargaan sebagai The Most Innovative Microfinance Institution dalam Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2016-2017.

Sebagai pemenang The Most Innovative Microfinance Institution, KSPPS Bina Sejahtera Ummat mendapatkan hadiah berupa penguatan institusi senilai Rp 32 Juta. Pada Juli 2017 lalu, 8 pengurus KSPPS Bina Sejahtera Ummat mengikuti pelatihan BMT Business Positioning di Batam. Dalam kegiatan tersebut, para pengurus koperasi mendapatkan pelatihan pembangunan kapasitas dan pengembangan bisnis.

“Selain hadiah berupa penguatan institusi, KSPPS Bina Sejahtera Ummat juga mendapatkan eksposur yang tinggi sejak memenangkan penghargaan The Most Innovative Microfinance Institution dalam CMA 2016-2017,” ujar Intan Maulida, Ketua KSPPS Bina Sejahtera Ummat yang hadir di Jakarta untuk mendukung Muhammad Sulaiman, salah satu nasabah anggota pengusaha mikronya yang terpilih menjadi finalis.

Lembaga keuangan mikro seperti BPR, BPRS, Koperasi, BMT, Credit Union, ataupun Modal Ventura yang tertarik untuk memenangkan penghargaan seperti KSPPS Bina Sejahtera Ummat pada Citi Microentrepreneurship Awards sudah bisa mendaftarkan nasabah atau anggotanya dalam Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018.

Pemenang Microfinance Institution of the Year dalam CMA 2017-2018 akan mendapat hadiah berupa penguatan institusi senilai Rp 45 juta. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi cmaindonesia.id/daftar

 

Tag : citipeka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top