Peringati Sumpah Pemuda, 3 Petinggi BUMN Beri Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin

Tiga petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendatangi kampus Universitas Hasanuddin Makassar hari ini, Sabtu (28/10/2017), bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.
Aprianto Cahyo Nugroho | 28 Oktober 2017 09:32 WIB
Tiga petinggi BUMN memberi kuliah umum di Universitas Hasanudin Makassar, Sabtu (28/10/2017). - Bisnis.com/Aprianto Cahyo Nugroho

Bisnis.com, MAKASSAR - Tiga petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendatangi kampus Universitas Hasanuddin Makassar hari ini, Sabtu (28/10/2017), bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Kedatangan mereka merupakan rangkaian dari program BUMN Hadir di Kampus yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara secara serentak di 28 universitas di seluruh Indonesia.

Tiga petinggi BUMN yang hadir yaitu Direktur Utama PT. Taspen (Persero) Iqbal Latanro, Dirut PT. Pindad (Persero) Abraham Mose, dan Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Edy Widarto. Ketiganya memberikan kuliah umum yang dihadiri oleh 1.100 mahasiswa dan sivitas akademika dari Universitas Hasanuddin.

Kuliah Umum yang diselenggarakan di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Hasanuddin membahas mengenai perekonomian nasional selama 3 tahun terkahir pascapemilihan umum 2014.

Perekonomian Indonesia menunjukkan kualitas yang semakin membaik, beberapa diantaranya ditandai dengan berkurangnya jumlah angka kemiskinan dari sebelumnya 11,25% menjadi 10,64%. Selain itu, menurunnya tingkat pengangguran dan tingkat ketimpangan antar individu menjadi salah satu faktor kualitas perekonomian yang semakin baik. 

Kemandirian

Direktur Utama PT Taspen (Persero), Iqbal Latanro menjelaskan bahwa dalam mendukung perekonomian nasional yang semakin baik, BUMN turut mewujudkan kemandirian, kesejahteraan, keberlanjutan, pemerataan, dan kesetaraan melalui Sinergi BUMN.

"Sudah menjadi visi dan misi BUMN dalam membangun negeri, membangun infrastruktur dan menciptakan konektivitas. Mempersiapkan SDM sebagai aset yang kapabel dan handal guna meningkatkan produktivitas barang, jasa, dan Iayanan yang terbaik bagi masyarakat," jelas Iqbal dalam kuliah umum tersebut.

Iqbal yang juga merupakan Outstanding Alumnus  Universitas Hasanuddin mengatakan BUMN senantiasa menjalankan proses bisnis dan Iayanannya sesuai tata kelola perusahaan yang baik dan menciptakan peraturan serta kebijakan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh masyarakat.

"Taspen sebagai BUMN terus mengakselerasi Iayanannya, baik seperti Layanan Klaim Otomatis, Layanan 1 Jam, Aplikasi SIM Gaji. Bahkan, Taspen menggandeng Telkom untuk bersinergi dalam digitalisasi Iayanan pembayaran pensiun, yang tentu muaranya adalah untuk peningkatan Iayanan kepada peserta yang semakin baik,” tambah Iqbal.

Pada kesempatan ini PT Taspen juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada mahasiswa Unhas, kesempatan magang di Taspen Clan Penghijauan dengan menanam 670 pohon di sekitar lingkungan kampus Universitas Hasanudin, serta pembagian doorprize berupa laptop, HP dan sepeda bagi peserta kuliah umum.

 

Tag : sumpah pemuda
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top