Astra Buana Cairkan Klaim Rp4,4 Miliar di Manado

PT Asuransi Astra Buana, perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto tersebut hingga November tahun ini di Manado Sulawesi Utara telah mencairkan klaim asuransi mencapai Rp4,4 miliar.
Puput Ady Sukarno | 05 Desember 2017 06:01 WIB

Bisnis.com, MANADO - PT Asuransi Astra Buana, perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto tersebut, hingga November tahun ini di Manado Sulawesi Utara telah mencairkan klaim asuransi mencapai Rp4,4 miliar.

"Total klaim kami per November tahun ini mencapai Rp4,4 miliar. Rata-rata per laporan menelan sekitar Rp4,1 jutaan. Setiap bulan ada 90 - 100 laporan yang masuk," tutur Hilmi Farizan Hakim, Branch Manager PT Asuransi Astra Buana Cabang Manado, Senin (4/12).

Menurut Hilmi, kebanyakan laporan klaim yang masuk tersebut untuk reparasi kendaraan dengan tingkat kerusakan yang cukup ringan yang tidak memerlukan waktu pengerjaan lama.

"Lama waktu pengerjaan memang juga tergantung spare part di bengkel bersangkutan apakah tersedia atau tidak. Tapi rata-rata hanya memakan waktu tiga hari saja," ujarnya.

Pihaknya juga memastikan bahwa Asuransi Astra tidak akan mempersulit proses klaim para nasabahnya dan dipastikan akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

Bahkan saat ini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, terutama dalam hal kemudahan pengurusan klaim, PT Asuransi Astra Buana meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare V3.0

Garda Mobile Otocare V3.0 merupakan Garda Mobile Otocare generasi ketiga yang telah mengalami penyempurnaan baik segi fungsi maupun tampilan sejak pertama kali diluncurkan pada 2015 silam.

Hilmi mengatakan bahwa pada tahun ini, Otocare kembali diperkenalkan kepada masyarakat dengan fungsi yang akan menjadi primadona para pelanggan maupun nonpelanggan.

"Pasalnya untuk klaim kini pelanggan cukup menekan fitur Garda Oto, urusan klaim pun jadi makin gampang," ujarnya.

Pihaknya menjanjikan bahwa klaim semakin gampang karena di fitur tersebut pelanggan disediakan tiga menu utama yaitu Claim Report, Claim Status, dan Emergency.

Menu Claim Report berfungsi memudahkan proses pengajuan klaim hanya dengan mengisi formulir singkat dan mengunggah dokumen terkait. Setelah itu pelanggan akan menerima nomor Laporan Kejadian.

"Cukup tunjukkan nomor Laporan Kejadian ini, survei klaim di kantor cabang atau Garda Center terdekat pun bisa dilakukan tanpa harus mengantre," ujarnya.

Sedangkan menu Claim Status menawarkan kemudahan memantau perkembangan proses perbaikan kendaraan di bengkel terpilih tanpa harus menelepon. "Dengan cukup membuka Otocare, maka status perbaikan bisa langsung diketahui," ujarnya.

Menu ketiga, yakni Emergency, membantu pelanggan yang sedang mengalami kondisi darurat untuk meminta bantuan, juga tanpa harus menelepon Garda Akses 1 500 112.

"Cukup tekan tombol Emergency, maka secara otomatis lokasi pelanggan akan terlacak dan petugas Garda Siaga akan menghubungi pelanggan," terangnya.

Menariknya, kata dia, foto dan nama petugas Garda Siaga akan tampil di menu Emergency sehingga memungkinkan pelanggan mengetahui detail petugas yang akan membantunya.

Selain keunggulan tersebut, Otocare akan memberikan pengalaman klaim yang sangat berkesan, yakni setelah mengakses menu Claim Report, pelanggan Garda Oto Digital bebas memilih sendiri lokasi klaim yang diinginkan baik di rumah, kantor, atau tempat lainnya.

Lalu, tersedia juga layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan pelanggan dan antar kembali dari bengkel. "Namun layanan ini sementara baru tersedia di Jakarta," ujarnya.

Menurutnya semua kemudahan dan fungsi yang ditawarkan Otocare adalah komitmen inovasi Asuransi Astra untuk memberikan layanan terbaik dan agar semakin dekat dengan para pelanggan.

"Otocare yang dapat diunduh melalui Google Play untuk platform Android dan Apple App Store untuk platform iOS/iPhone ini diharapkan dapat menghilangkan jarak ruang dan waktu antara Asuransi Astra dengan pelanggan dan membuat urusan klaim jadi makin gampang," tuturnya.

Tag : asuransi astra buana
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top