Transaksi Perbankan Beralih ke Digital

Bisnis.com, JAKARTA -- Transaksisi digital di industri perbankan Tanah Air semakin tumbuh signifikan seiring dengan masifnya perkembangan teknologi informasi di dunia saat ini.
Puput Ady Sukarno | 27 Februari 2018 16:56 WIB
Internet Banking. - informasikomputer.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Transaksisi digital di industri perbankan Tanah Air semakin tumbuh signifikan seiring dengan masifnya perkembangan teknologi informasi di dunia saat ini.

Bahkan saat ini trend transaksi perbankan secara digital sudah mulai mengalahkan transaksi konvensional, seperti diungkapkan oleh Pricewaterhouse Cooper (PwC) dalam survei tahunannya yang bertajuk Survei Perbankan Indonesia 2018.

Banking Leader PwC Indonesia, Lucy Suhenda mengatakan bahwa saat ini terdapat perubahan besar yang sedang terjadi di masyarakat di mana nasabah lebih memilih untuk bertransaksi lewat digital dibanding transaksi konvensional.

"Transaksi digital naik dari sebelumnya 10% di 2015 kini menjadi 35% tahun ini. Ini melebihi pertumbuhan transaksi konvensional," katanya saat pemaparan survei PwC di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Sementara pada transaksi konvensional mengalami penurunan sangat signifikan dari sebelumnya 75% di 2015 turun menjadi di bawah 35% pada tahun ini.

Lebih lanjut, laporan tahunan PwC tersebut juga mengungkap perbankan di Indonesia harus memiliki strategi digital lebih baik. Saat ini, hanya bank milik pemerintah dan bank asing yang cukup yakin akan strategi digital yang bakal diimplementasikan.

"Dari responden kami, Bank BUMN dan asing yang 50% sudah cukup yakin dengan strategi digitalnya. Sementara bank kecil lain masih belum yakin benar akan hal ini," ujarnya.

Laporan terbaru PwC di tahun ini menggarisbawahi teknologi yang ke depan menjadi faktor utama yang bakal mengubah dan mentransformasi bisnis perbankan.

Survei Perbankan PwC Indonesia dilakukan terhadap 65 responden dari 49 bank yang berada di Indonesia. Para responden merupakan pejabat di tingkat manajemen senior pada masing-masing bank tersebut.

Tag : Digital Banking
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top