Dukung JKN-KIS: Rumah Sakit Terapkan Pendaftaran Online

Sebanyak 485 rumah sakit di Indonesia kini sudah terapkan pendaftaran online melalui sistem yang terkomputerisasi. Hal tersebut bakal mendukung pelayanan JKN - KIS.
Nindya Aldila | 28 Maret 2018 06:40 WIB
Peserta BPJS Kesehatan memperlihatkan kartu peserta - Antara

Bisnis.com JAKARTA -- Sebanyak 485 rumah sakit di Indonesia kini sudah terapkan pendaftaran online melalui sistem yang terkomputerisasi. Hal tersebut bakal mendukung pelayanan JKN - KIS.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat mengatakan implementasi program JKN-KIS saat ini memasuki tahun ke-5 sejak dimulai 1 Januari 2014. Berbagai tantangan khususnya terkait dengan kualitas layanan kini menjadi perhatian semua pihak.

Seiring hal tersebut, kini fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sudah banyak yang mulai mengembangkan inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan khususnya dalam hal mempermudah peserta Jaminan Kesehatan nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat mendapatkan pelayanan.

"Ini merupakan kabar gembira, dan sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo terkait dengan implementasi Program JKN-KIS, kini yang menjadi tantangan adalah bagaimana meningkatkan pelayanan khususnya di rumah sakit," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (27/3).

BPJS Kesehatan mencatat, sebanyak 121 Rumah Sakit mengembangkan sistem aplikasi yang dapat diunduh dan pendaftaran melalui website, 135 Rumah sakit membuka pendaftaran melalui SMS dan WhatsApp, dan sebanyak 202 rumah sakit sudah menggunakan sistem antrian terkomputerisasi di loket pendaftaran langsung.

Sistem antrian ini sebagian besar memuat informasi dan fasilitas untuk pendaftaran rawat jalan, mengecek ketersediaan kamar, jadwal dokter, alamat dan lain-lain. Peserta JKN-KIS khususnya diharapkan tidak perlu repot mengantri langsung dan menunggu di rumah sakit karena jadwal pelayanan sudah ditetapkan melalui sistem ini.

BPJS Kesehatan juga sejak tahun lalu telah mengembangkan aplikasi pencarian faskes bernama aplicare. Aplikasi berbasis website ini berfungsi mencari lokasi dan informasi tentang faskes yang anda inginkan. Serta memandu anda menuju lokasi yang dipilih.

Tag : jkn
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top