Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Himbara Harus Tetap Prioritaskan Pasar Domestik

Himpunan Bank-bank Negara atau Himbara dinilai harus tetap lebih mengutamakan ekspansi bisnis di dalam negeri ketimbang ke luar negeri.
Ilustrasi: ATM Himbara/tv.bisnis.com
Ilustrasi: ATM Himbara/tv.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Himpunan Bank-bank Negara atau Himbara dinilai harus tetap lebih mengutamakan ekspansi bisnis di dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

Hal itu diutarakan Ketua Himbara Maryono menjawab Bisnis. Menurut dia, pasar di dalam negeri masih sangat banyak yang dapat digarap apalagi sejalan dengan digalakkannya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah.

“Masing-masing Himbara sebetulnya punya strategi ekspansi masing-masing. Tapi semuanya lebih baik agar lebih konsentrasi di Indonesia karena potensi di dalam negeri masih sangat banyak butuh pembiayaan bank,” ucapnya, di Jakarta, belum lama ini.

Kenyataannya, kalangan bank milik pemerintah justru gencar mencanangkan niat untuk mendirikan kantor cabang di luar negeri. Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Suprajarto sempat mengutarakan, pada tahun ini pihaknya berencana membuka kantor cabang penuh di Taiwan.

"[Ekspansi ke] Taiwan dalam waktu dekat. Paling lambat semester II," katanya. Alasan BRI melebarkan sayap ke Taiwan adalah potensinya yang besar. Selain pertimbangan jumlah TKI di Taiwan, perseroan juga mempertimbangkan potensi bisnis dari aktivitas perdagangan di antara dua negara.

Jika pembukaan cabang tersebut berhasil, maka BRI tercatat sebagai bank Indonesia pertama yang beroperasi di Taiwan. Tahun ini, BRI juga berencana menaikkan status cabang BRI di Hongkong menjadi cabang penuh.

Sementara itu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. juga berencana meningkatkan ekspansi ke luar negeri dan memaksimalkan kinerja cabang internasional yang sudah beroperasi. Direktur Treasury Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan bahwa dari segi ekspansi bisnis di luar negeri maka tahun ini perseroan akan lebih fokus pada penumbuhan bisnis di beberapa negara.

Darmawan mengatakan ekspansi secara internasional diharapkan dapat tumbuh dari kantor-kantor cabang Mandiri yang ada di Singapura, Hong Kong, Shanghai, London, dan Cayman Island. Sedangkan untuk pembukaan cabang baru ada dalam rencana jangka panjang perseroan. Sebelumnya, Mandiri sempat menyatakan niat mengakuisisi dua bank asal Filipina yang akan dilaksanakan pada semester I/2018.

Selain ke Filipina, perseroan juga akan melebarkan sayapnya ke Malaysia dengan mendirikan sebuah kantor cabang. Adapun, saat ini Bank Mandiri telah memiliki 7 kantor luar negeri yang terdiri dari 5 cabang di Cayman Islands, Dilli Timor Leste, Hong Kong, Shanghai dan Singapura. Ada pula 2 anak perusahaan yaitu Bank Mandiri Europe Limited di London dan Mandiri International Remittance di Malaysia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper