Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moody's Naikkan Peringkat Utang 5 BUMN, Menteri Rini Girang

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengapresiasi keputusan Lembaga pemeringkat internasional Moodys Investor Service yang menaikkan peringkat utang lima BUMN.
Rini Soemarno/Reuters
Rini Soemarno/Reuters

Bisnis,com,JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengapresiasi keputusan Lembaga pemeringkat internasional Moody’s Investor Service yang menaikkan peringkat utang lima BUMN. 

Langkah ini dilakukan Moody's seusai menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi Baa2 dengan prospek stabil pada 13 April 2018. Sebelumnya, peringkat utang Indonesia di kisaran Baa3 dengan prospek positif.

Adapun, kelima BUMN tersebut yaitu PT PLN (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (Persero) , PT Pertamina (Persero), PT Jasa Marga Tbk. (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II).

Moody’s menyebutkan, kenaikan peringkat utang PLN, Pelindo II, dan Jasa Marga mengikuti kenaikan peringkat utang Indonesia menjadi Baa2. Adapun, peringkat utang PGN mengikuti induk usahanya Pertamina dari Baa3 menjadi Baa2.

Menurut Rini, peningkatan rating korporasi dan surat utang beberapa BUMN yang menjadi ujung tombak infrastruktur energi serta infrastruktur transportasi ini mencerminkan kepercayaan kalangan investor global.

Dia mengatakan bahwa proyek-proyek strategis nasional seperti proyek listrik 35.000 MW, penyediaan energi yang dikelola Pertamina sebagai holding migas serta pembangunan infrastruktur pelabuhan dapat dijalankan secara baik, profesional serta akuntabel. 

"Termasuk kemampuan BUMN dalam mencari sumber pendanaan yang efektif dan inovatif, tidak hanya pendanaan konvensional tetapi juga mencari alternatif pendanaan lain baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Rini melalui siaran pers, Senin (16/4/2018).

Dia menyatakan, dukungan pemerintah juga terbukti menjadi dorongan utama bagi keberlangsungan proyek strategis sesuai dengan target yang ditetapkan bersama pemerintah.

"Kementerian BUMN juga senantiasa memfasilitasi dan mendukung langsung ke lapangan untuk memastikan agar proyek-proyek strategis nasional berjalan sesuai timeline yang ditetapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Moody’s menaikkan peringkat utang PLN dari Baa3 menjadi Baa2. Lembaga pemeringkat internasional itu juga merevisi prospek menjadi stabil dari positif.

Selain itu, peringkat utang jangka pendek PLN juga naik menjadi Baa2 dari sebelumnya Baa3. Prospek pun menjadi stabil dari sebelumnya positif. Peringkat utang obligasi senior tanpa jaminan PLN melalui anak perusahaannya Majapahit Holding BV dari Baa3 menjadi Baa2.

“Peningkatan peringkat utang PLN mencerminkan posisi strategis perusahaan sebagai satu-satunya penyedia listrik yang terintegrasi secara vertikal di Indonesia, termasuk posisi dominannya di pembangkitan, distribusi dan transmisi. Selain itu berhubungan erat dengan pemerintah,” ujar Abhishek Tyagi Analis Senior Moody’s seperti dikutip dari laman Moody's. 

Mengekor kenaikan rating Indonesia, Pertamina juga menikmati kenaikan peringkat menjadi Baa2 dari Baa3. Kenaikan rating Pertamina yang telah ditunjuk menjadi holding migas juga mengerek peringkat utang PGN dari Baa3 menjadi Baa2 dengan prospek stabil dari sebelumnya positif.

Moody’s juga menaikkan peringkat utang Jasa Marga dari Baa3 menjadi Baa2. Kemudian, lembaga ini juga merevisi prospek dari positif menjadi stabil.

"Peningkatan peringkat Jasa Marga mencerminkan ekspektasi kami akan kemungkinan dukungan yang besar dari pemerintah Indonesia, mengingat kepemilikan mayoritas oleh pemerintah dan peran penting Jasa Marga dalam rencana Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur transportasi negara, khususnya sektor jalan tol," kata Ray Tay, Senior Credit Officer Moody’s.

Terakhir, peringkat utang Pelindo II juga naik menjadi Baa2 dari Baa3. Prospek menjadi stabil dari positif. Di sisi lain, penerbitan obligasi berdenominasi mata uang asing milik Pelindo II tidak terpengaruh oleh peningkatan peringkat utang Indonesia. Prospek tetap stabil.

Kenaikan peringkat Pelindo II mencerminkan peran strategis sebagai pintu gerbang di sektor maritim Indonesia. Selain itu, perseroan juga menguasai pelabuhan Tanjung Priok yang memiliki kepentingan strategis tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper