Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Siap Naikkan Suku Bunga

Bank Indonesia dipastikan akan melakukan penyesuaian suku bunga kebijakan 7-day Reverse Repo Rate dalam waktu dekat guna merespon kondisi perekonomian saat ini.
suku bunga
suku bunga

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia dipastikan akan melakukan penyesuaian suku bunga kebijakan 7-day Reverse Repo Rate dalam waktu dekat guna merespon kondisi perekonomian saat ini.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menuturkan pihaknya tengah mempersiapkan langkah kebijakan moneter yang tegas dan akan dilakukan secara konsisten, termasuk melalui penyesuaian suku bunga kebijakan 7-day Reverse Repo Rate dengan lebih memprioritaskan pada stabilisasi.

"Ini dimaksudkan untuk memastikan keyakinan pasar dan kestabilan makro ekonomi nasional tetap terjaga," ungkap Agus dalam siaran pers, Rabu (9/5).

BI menekankan pelemahan rupiah yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir merupakan dampak dari menguatnya dolar AS secara berskala luas (broadbased) terhadap seluruh mata uang, sehubungan dengan semakin solidnya ekonomi AS di tengah lambatnya pemulihan ekonomi di berbagai kawasan.

Nilai tukar Rupiah secara year to date (ytd) per 8 Mei 2018 melemah 3,44%, sedangkan Peso Filipina melemah 3,72%, Rupee India 4,76%, Real Brasil 6,83%, Rubel Rusia 8,93%, dan Lira Turki 11,51%.

Tekanan pada nilai tukar mata uang negara-negara maju lainnya juga besar.

Agus menambahkan Indonesia telah mengalami beberapa tekanan yang cukup besar seperti saat ini dalam lima tahun terakhir sejak bank sentral AS melakukan program tapering off di tahun 2013.

Dengan demikian, dia yakin Bank Indonesia meyakini bahwa Indonesia juga akan berhasil melewati tekanan saat ini dengan baik, dengan perekonomian yang tetap tumbuh berkesinambungan dan stabil.

Kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia tercermin dari data realisasi pertumbuhan PDB Triwulan IV/2017, serta pertumbuhan PDB Triwulan I/ 2018 sebesar 5,06% (yoy), yang tetap stabil, kuat, dengan struktur ekonomi yang lebih baik.

Menurut BI, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2018 merupakan capaian tertinggi di pola musiman triwulan I sejak tahun 2015.

Permintaan domestik yang meningkat pada triwulan I/ 2018 juga didukung oleh investasi yang naik dan konsumsi swasta yang tetap kuat.

Sementara itu, kestabilan inflasi tetap terjaga pada level rendah sesuai target 3,5%+/-1%.

Untuk menjaga kesinambungan pemulihan ekonomi, Agus menegaskan Bank Indonesia tengah terus menempuh langkah-langkah stabilisasi yang diperlukan termasuk terus melanjutkan intervensi di pasar valuta asing secara terukur, stabilisasi di pasar Surat Berharga Negara (SBN), dan mengoptimalkan berbagai instrumen operasi moneter valas dan rupiah. Termasuk, membuka lelang Forex Swap untuk menjaga ketersediaan likuditas rupiah dan menstabilkan suku bunga di pasar uang untuk memastikan tekanan terhadap nilai tukar rupiah terkelola dengan baik.

         

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper