CCB Indonesia Tawarkan Bunga Deposito 7,5%

PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. (CCB Indonesia) berupaya meningkatkan pendapatan operasional untuk mengkompensasi beban dana yang disebabkan oleh tingginya bunga deposito yang ditawarkan.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  10:43 WIB
CCB Indonesia Tawarkan Bunga Deposito 7,5%
Chairman of China Construction Bank (CCB) Wang Hongzhang (ketiga kanan), bersama Presiden Direktur CCB Indonesia Li Guo Fu (dari kiri), Deputi Gubernur Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng, dan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan Mulya E. Siregar, saat peluncuran CCB Indonesia di Jakarta, Jumat (24/2). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. (CCB Indonesia) berupaya meningkatkan pendapatan operasional untuk mengkompensasi beban dana yang disebabkan oleh tingginya bunga deposito yang ditawarkan. 

Direktur CCB Indonesia Setiawati Samahita mengatakan bahwa perseroan menawarkan bunga deposito di kisaran 7,25%—7,5% per tahun, disesuaikan dengan jumlah dana yang disimpan serta tenor simpanan. Bunga deposito tersebut berada di atas rata-rata bunga deposito kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II yang berada di kisaran 6,98%—7,61% per tahun. 

"Di kami, ada beberapa produk deposito yang di atas bunga tersebut," ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini. 

Tingginya bunga deposito yang ditawarkan, diakuinya merupakan salah satu penyebab tingginya biaya operasional bank. Per akhir Desember 2018, rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) CCB Indonesia berada pada kisaran 90%, berada di atas rata-rata industri perbankan yang berada di level 86,11%. 

Hal tersebut dipengaruhi oleh struktur dana pihak ketiga (DPK) Bank CCB Indonesia yang didominasi oleh deposito. Berdasarkan laporan keuangan bulanan yang dipublikasikan di website resmi perseroan, dana deposito per akhir Desember 2018 tercatat mencapai Rp9,58 triliun, atau sekitar 73,29% terhadap total DPK yang mencapai Rp13,07 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
CCB Indonesia

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top