Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mantap Urus Izin Salurkan KUR Pensiunan

PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) tengah mengurus perizinan untuk dapat berpartisipasi menyalurkan KUR Pensiunan.
Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Josephus Koernianto Triprakoso (kiri)  bersama Direktur Nurkholis Wahyudi memperkenalkan program wirausaha perseroan , di Jakarta, Selasa (14/11)./JIBI-Endang Muchtar
Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Josephus Koernianto Triprakoso (kiri) bersama Direktur Nurkholis Wahyudi memperkenalkan program wirausaha perseroan , di Jakarta, Selasa (14/11)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) menyatakan siap berpartisipasi menyalurkan kredit usaha rakyat atau KUR Pensiunan. Saat ini, Bank Mantap tengah mengurus perizinan. 

Direktur Bisnis Bank Mantap Nurkholis Wahyudi mengatakan, apabila perizinan sudah tuntas, perseroan akan mulai menyalurkan KUR Pensiunan pada semester I/2019. "Kami sedang memproses izin untuk menyalurkan KUR Pensiunan,” ujarnya, Kamis (21/2/2019). 

Dia menerangkan, meskipun bunga KUR yang akan diberlakukan adalah 7%, bank akan tetap memperoleh margin yang hampir mirip dengan produk kredit pensiunan nonsubsidi. Sebagai gambaran, dari KUR Pensiunan yang diberikan, bank akan mendapatkan selisih bunga 5,5% yang disubsidi oleh pemerintah.   

Di sisi lain, adanya dukungan pemerintah dalam bentuk subsidi membuat bunga KUR yang diberlakukan nasabah menjadi lebih rendah.  

"Jadi fungsi atas izin penyalur KUR adalah agar kami memperoleh [subsidi bunga] yang 5,5%. Kalau rate 7% plus 5,5% atau sekitar 12,5% ini mirip dengan bunga Bank Mantap saat ini di kisaran 13%—14%," ujarnya. 

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan penambahan jaringan kantor fisik untuk melayani nasabah yang tidak akrab dengan layanan perbankan digital. Di antara segmen nasabah yang membutuhkan layanan bank dari kantor adalah nasabah pensiunan.

Nasabah pensiunan, menurut Josh, menjadi salah satu segmen utama penyaluran kredit. Pada tahun lalu, outstanding kredit pensiunan melesat 64,7% secara tahunan. Perseroan akan kembali mengandalkan penyaluran kredit pensiunan sebagai salah satu penggerak bisnis tahun ini.  

Seiring dengan rencana bisnis tersebut, Bank Mantap menyatakan antusiasme atas rencana pemerintah untuk meluncurkan kredit usaha rakyat atau KUR Pensiunan pada tahun ini. Menurut Josh, fasilitas KUR Pensiunan memberikan kesempatan bagi para pensiunan untuk mendapatkan kredit bersubsidi yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper