Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Terbitkan EBA Senilai Rp2 Triliun

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. berencana menerbitkan efek beragun aset (EBA) senilai Rp2 triliun pada tahun ini.
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk  (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), di Jakarta, Rabu (2/1/2018)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. berencana melakukan sekuritisasi aset dengan menerbitkan efek beragun aset (EBA). Aksi ini akan melengkapi penerbitan surat berharga lainnya seperti obligasi.

Direktur Keuangan BTN Iman Nugroho Soeko mengatakan bahwa EBA bertipe sintesis itu akan diterbitkan pada paruh pertama tahun ini. Perseroan mensekuritisasi future income berupa pokok maupun bunga.

“Nilainya itu Rp2 triliun,” katanya kepada Bisnis, Minggu (24/2/2019).

Secara total BTN mengincar perolehan dana nonkonvensional (wholesale) di luar dana pihak ketiga sebesar Rp14 triliun di tahun ini. Selain EBA, dana tersebut akan didapat dari penerbitan obligasi, negotiatible certificate of deposit (NCD), pinjaman bilateral, pinjaman sindikasi, dan global bonds.

Besaran masing-masing instrumen akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pasar. Perseroan baru memproyeksikan nilai EBA dan pinjaman bilateral yang diperkirakan sekitar Rp2 triliiun—Rp3 triliun.

Iman mengatakan hal tersebut merupakan langkan preventif perseroan melihat proyeksi likuiditas perbankan yang tinggi. Kendati demikian, dia memperkirakan kemampuan bank memenuhi kewajiban jangka pendek tidak akan memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper