Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melesat 34,28 Persen, Laba MUFG Jakarta Selama 2018 Tembus Rp3,53 Triliun

MUFG Bank, Ltd., Kantor Cabang Jakarta mencatatkan laba bersih setelah pajak sebesar Rp3,53 triliun untuk tahun 2018, atau meningkat sebesar 34,28% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Bisnis.com, JAKARTA— MUFG  Bank,  Ltd.,  Kantor  Cabang  Jakarta mencatatkan laba bersih setelah  pajak  sebesar Rp3,53  triliun  untuk  tahun  2018,  atau meningkat  sebesar 34,28% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong  oleh  perkembangan  yang  kuat  untuk  bisnis  kredit korporasi , sebesar  21,40%  yoy,  atau mencapai  Rp 110,51  triliun.  Pertumbuhan  aset  kredit  tersebut  turut mendorong  naiknya  pendapatan  bunga  bersih bank  sebanyak  25,78%  menjadi  Rp5,45 triliun.

Selain itu, MUFG Cabang Jakarta juga mempertahankan kualitas kredit yang sehat dengan secara konsisten mengedepankan  prinsip kehati-hatian  dalam  melakukan kegiatan  usaha dengan tingkat net non-performing loan (net-NPL) sebesar 0,23% per  31 Desember 2018.

Executive Officer & Country Head of Indonesia MUFG Bank Daisuke Ejima mengatakan pihaknya bangga dengan pencapaian kinerja perusahaan di tengah  ketidakpastian  ekonomi  dan  tantangan  industri    sepanjang  2018.

Hal itu, ujarnya, tak lepas  dari  kepercayaan  dan  kesetiaan  para  nasabah  dan  dukungan  terus-menerus  dari  para  pemangku  kepentingan,  termasuk  regulator.

“Tahun 2018 adalah tahun yang penting bagi MUFG, mulai dari  pergantian  nama  kami hingga peringatan  50  tahun  keberadaan  kantor  cabang  kami  di Indonesia. Kami tetap berkomitmen  untuk terus bekerja  keras  agar menjadi  mitra  terpercaya  bagi  kisah  sukses  nasabah  kami  sepanjang 2019,” kata Ejima, dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Senin (01/04/2019).

Selain dari AsiaMoney, MUFG Cabang Jakarta juga mendapatkan penghargaan sebagai Bank  dengan   Kepatuhan   Pelaporan   Devisa   Terbaik   dari   Bank Indonesia, serta Editor’s Choice Award: Excellence in Supply Chain Finance 2018 dari CFO Innovation untuk solusi pembiayaan rantai pasok bagi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Pada 2019, Ejima menyebutkan pihaknya berkomitmen untuk memperkokoh strategi bisnisnya dengan berfokus pada  perbankan  korporasi  untuk  nasabah  korporasi  Jepang,  Indonesia,  dan  multinasional, serta  meraih  berbagai  peluang  bisnis  melalui  kolaborasi  erat  antara  MUFG  dengan  Bank Danamon.

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG) adalah salah satu grup penyedia jasa keuangan terdepan di dunia. Berpusat di Tokyo dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan lebih dari 1.800 kantor di lebih dari 50 pasar.

Pada 1 April 2018, nama bank komersial di bawah MUFG berubah dari “The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd.” menjadi “MUFG Bank, Ltd.” Simbol ticker perdagangan saham MUFG di Bursa Saham New York juga telah berganti menjadi “MUFG”.

Di Indonesia, berdasarkan catatan Bisnis.com, MUFG Bank menjadi kantor cabang bank asing terbesar dari sisi aset dan perolehan laba. Bahkan dari dua komponen utama itu MUFG dapat disejajarkan dengan 10 bank papan atas di Tanah Air.

Per Desember 2018, MUFG Bank membukukan aset senilai Rp166,16 triliun atau naik 13,0% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Kiprah MUFG Bank tidak hanya mendirikan kantor cabang di Indonesia. Pada Desember 2007, perusahaan mengakuisisi PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk. Strategi ini menjadi rencana awal MUFG memiliki bank besar dengan kemudian meleburkannya dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Tahun ini MUFG menyiapkan dana segar sekitar Rp31,47 triliun untuk menguasai 72,78% saham Bank Danamon. Menurut Ringkasan Rancangan Penggabungan Usaha (RRPU) yang dirilis pada Selasa (22/1/2019), tanggal efektif penggabungan (LD1) akan dimulai pada 1 Mei 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper