Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Tips Atur Keuangan Bagi Sandwich Generation

Ada dua masalah keuangan utama yang sering dialami sandwich generation, yakni pengeluaran yang makin besar dan kondisi dimana yang bersangkutan mengalami masalah kesehatan.

Bisnis.com, JAKARTA - Sandwich generation adalah kalangan  yang harus menanggung kebutuhan keluarga dan kerabat selain juga memenuhi kebutuhan sendiri. Seringkali mereka kesulitan mengatur cash flow sehingga membebani rencana jangka panjang.

Menurut perencana keuangan Melvin Mumpuni, ada dua masalah keuangan utama yang sering dialami sandwich generation, yakni pengeluaran yang makin besar dan kondisi di mana yang bersangkutan mengalami masalah kesehatan.

Masalah yang kedua akan serius dampaknya mengingat beberapa orang yang menggantungkan hidupnya pada penghasilan sandwich generation.

Melvin menyarankan tiga langkah penting yang harus ditempuh dalam perencanaan keuangan sandwich generation.

  1. Atur Cash Flow Bulanan

Sandwich generation perlu cash flow yang positif, makanya usahakan pengasilan Anda dua kali dari pengeluaran. Memang terdengar sulit, tapi dengan perencanan keuangan yang tepat itu bisa dicapai,” ujarnya. 

  1. Tunda Utang

Tunda utang-utang yang bersifat konsumtif, seperti cicilan mobil, kredit liburan keluarga dan sebagainya. Sebab hal ini akan menganggu cash flow bulanan yang harus selalu positif.

  1. Miliki Dana Darurat

Miliki dana darurat yang lebih dari cukup, karena sandwich generation menanggung lebih banyak orang secara finansial maka dana  darurat yang dibutuhkan pun lebih besar.

“Dana darurat kalau bisa 12 kali pengeluaran bulanan. Kalau bisa lebih, lebih bagus lagi,” ujarnya.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper