Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lebaran 2019, BRI Dorong Transaksi Nontunai

BRI berupaya meningkatkan transaksi nontunai pada periode menjelang Idulfitri 2019. BRI menurunkan ketersediaan uang tunai dari tahun lalu sebesar Rp62 triliun, menjadi Rp48,2 triliun.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  17:58 WIB
Model menunjukan kartu kartu Brizzi. - Bisnis.com
Model menunjukan kartu kartu Brizzi. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berupaya meningkatkan transaksi nontunai pada periode menjelang Idulfitri 2019. BRI menurunkan ketersediaan uang tunai dari tahun lalu sebesar Rp62 triliun, menjadi Rp48,2 triliun.

“Pada momen lebaran tahun ini kami mengimbau masyarakat untuk semakin gencar bertransaksi menggunakan e-channel [kanal elektronik] dan uang elektronik”, ungkap Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Osbal Saragi di Jakarta, Selasa (21/5/2019). 

Osbal menambahkan bahwa untuk mendorong gerakan nontunai, BRI juga telah menyiapkan lebih dari 408.000 Agen BRILink dan hampir 200.000 electronic data capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank juga menyiapkan tambahan uang elektronik Brizzi sebanyak 889.000 kartu.

Selain itu, cash recycling machine telah membuat perilaku masyarakat bergeser. Layanan ini membuat kebutuhan uang tunai dalam jumlah banyak berkurang.

“Masyarakat ini semakin memanfaatkan CRM untuk tarik dan tunai, jadi mereka semakin sedikit memegang uang cash tahun ini,” katanya.

Meski demikian Osbal memastikan transaksi tarik tunai tetap bisa dilakukan dengan nyaman. BRI menyiapkan 25.293 ATM atau CRM dalam jaringan di seluruh Indonesia dan didukung oleh Agen BRILink yang  tersebar di setiap daerah.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran, BRI mengadakan Posko Mudik Lebaran di 41 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko ini akan dibuka dari H-7 lebaran.

Pada posko tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan e-channel BRI seperti ATM, CDM, dan CRM, juga layanan kesehatan ringan serta  informasi produk BRI dan hiburan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri lebaran uang elektronik
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top