DBS Siapkan Hingga 250.000 Dolar Singapuran untuk Pengusaha Sosial

DBS Foundation, yayasan pertama asal Singapura mengumumkan program DBS Foundation Social Enterprise Grant 2019. Pendaftaran dibuka bagi pengusaha sosial atau social enterpreneur. Peserta mendapat kesempatan untuk meraih dana hibah senilai antara 50.000 hingga 250.000 dolar Singapura.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Juni 2019  |  14:05 WIB
DBS Siapkan Hingga 250.000 Dolar Singapuran untuk Pengusaha Sosial
DBS Foundation - www.dbs.com

Bisnis.com, JAKARTA – DBS Foundation, yayasan pertama asal Singapura mengumumkan program DBS Foundation Social Enterprise Grant 2019. Pendaftaran dibuka bagi pengusaha sosial atau social enterpreneur. Peserta mendapat kesempatan untuk meraih dana hibah senilai antara 50.000 hingga 250.000 dolar Singapura.

Pendaftaran akan dibuka hingga 31 Juli 2019. Pengusaha yang menyerahkan proposal setelah tanggal tersebut, akan diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi pada tahun berikutnya. 

Karen Ngui, Anggota Dewan DBS Foundation dan Head of Group Strategic Marketing & Communications DBS, mengatakan bahwa pengusaha sosial harus merupakan bisnis layak secara komersial. Namun dimotori oleh tujuan dan misi sosial yang kuat. 

Saat ini banyak pengusaha yang telah berinovasi mengatasi banyak masalah sosial di Asia. Menurut DBS, mereka butuh bantuan untuk tumbuh semakin besar, menguntungkan dan meningkatkan pengaruh 

“Selain memberikan dana hibah, kami juga menyediakan program inkubasi pengembangan kapasitas, pendampingan sesuai permintaan, dan akses ke jaringan lebih luas,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (22/6/2019).

Ngui melanjutkan bahwa sejak 2014, DBS telah mendukung lebih 310 pengusaha sosial dari Singapura, China, Hongkong, India, Indonesia dan Taiwan dengan dana hibah lebih dari 4,7 dolar Singapura. Mereka telah menelurkan inovasi sosial dalam bidang kesehatan, inklusi sosial, perlindungan lingkungan, pengelolaan limbah, keberlanjutan pangan serta lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi kaum terpinggirkan.

Sebanyak delapan pengusaha sosial yang didukung oleh DBS Foundation masuk dalam daftar “Forbes 30 under 30” tahun 2018 dan 2019.

Adapun jumlah pendaftar yang masuk meningkat secara substansial pada 2018. Pendaftar dari India dan Indonesia meningkat dua kali lipat, sedangkan jumlah aplikasi di Asia meningkat 10% secara tahunan. 

Di Indonesia, penerima hibah tahun lalu, GandengTangan, telah meluncurkan aplikasi Android yang bertujuan untuk memudahkan akses para pendana dalam menggunakan layanan GandengTangan. Melalui aplikasi ini, pendana dapat lebih mudah melakukan top up, mendanai usaha mikro, penarikan dana, serta akan mendapatkan transparansi transaksi dari hasil pendanaan kepada proyek usaha mikro.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pengusaha, dbs, dbs group

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top