Nilai Bisnis Baru AIA Global Terkerek 20 Persen

AIA Group Limited (AIA) melaporkan nilai bisnis baru (VONB) meningkat 20 persen sepanjang Januari -- Juni 2019 berdasarkan kurs tetap, dibanding periode yang sama pada 2018.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  06:45 WIB
Nilai Bisnis Baru AIA Global Terkerek 20 Persen
Presiden Direktur PT AIA Financial Ben Ng (kedua kanan), berbincang dengan Chief Marketing Officer Lim Chet Ming (dari kiri) , Direktur Keagenan Ang Tiam Kit, dan Associate Director Howard Kwan saat meresmikan pusat pengembangan agen premier AIA Big Bang di Jakarta, Jumat (15/3/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – AIA Group Limited (AIA) melaporkan nilai bisnis baru (VONB) meningkat 20 persen sepanjang Januari -- Juni 2019 berdasarkan kurs tetap, dibanding periode yang sama pada 2018.

VONB tumbuh 20 persen menjadi US$2,27 miliar. Dengan demikian tingkat premi yang disebut dengan annualised new premiums (ANP) meningkat 9 persen menjadi US$3,44 miliar.

Hasil laba operasional yang kuat dan peningkatan imbal hasil Laba operasi setelah pajak (OPAT) naik 12 persen menjadi US$2,89 miliar.

Laba operasi embedded value (EV) meningkat 11 persen menjadi US$4,52 miliar. 

Ng Keng Hooi, Group Chief Executive and President, AIA, mengatakan AIA terus menunjukkan rekam jejak pertumbuhan yang konsisten dengan membukukan peningkatan dua digit di metrik keuangan utama pada semester I/2019. 

“Nilai bisnis baru meningkat 20 persen. Kami juga mencatat peningkatan laba operasional setelah pajak sebesar 12 persen dan pertumbuhan underlying free surplus generation sebesar 15 persen. Jajaran Dewan mencatat peningkatan dividen interim sebesar 14 persen pada 2019,” katanya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (29/8/2019).

Dia menyebut hal tersebut mencerminkan kinerja keuangan perusahaan yang kuat dan menunjukkan optimisme untuk periode ke depannya.

Ng mengatakan bisnis AIA di China merupakan segmen pasar dengan pertumbuhan terpesat dengan pertumbuhan VONB sebesar 34 persen. 

“Saya juga senang dengan beroperasinya pusat penjualan dan layanan baru kami di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei pada akhir Juli. Bisnis kami di Hong Kong kembali mencatat kinerja kuat dengan peningkatan VONB sebesar 19 persen,” terangnya.

Selain itu, pertumbuhan VONB dalam bisnis AIA di Thailand dan Malaysia didukung oleh fokus berkelanjutan perusahaan dalam meningkatkan profesionalisme agen dan mengembangkan kemitraan bancassurance yang strategis. 

Adapun pasar wilayah lainnya, pertumbuhan VONB sebesar 17 persen merupakan kontribusi dari kinerja kuat di Australia, Filipina dan Vietnam. 

Distribusi keagenan AIA mencatat pertumbuhan VONB sebesar 21 persen. Dengan dukungan produk bancassurance, VONB dari kemitraan bisnis AIA meningkat 17 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asuransi, premi

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top