Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Standard Chartered Indonesia Punya CEO Baru

Standard Chartered Bank mengumumkan penunjukan dua posisi senior di Asean, termasuk Indonesia.
Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro menyampaikan sambutan pada peluncuran forum Standard Chartered CEO Connect dengan mengusung topik Connecting  Indonesia and China throught the Belt & Road Initiative di Jakarta, Selasa (19/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro menyampaikan sambutan pada peluncuran forum Standard Chartered CEO Connect dengan mengusung topik Connecting Indonesia and China throught the Belt & Road Initiative di Jakarta, Selasa (19/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Standard Chartered Bank mengumumkan penunjukan dua posisi senior di Asean, termasuk Indonesia.

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) untuk Indonesia, Rino Donosepoetro akan menjabat posisi ganda sebagai Vice Chairman untuk ASEAN  dan Presiden Komisaris untuk Indonesia.

Selanjutnya, posisi CEO Indonesia akan dijabat oleh Andrew Chia. Rino dan Andrew  akan bertanggung jawab kepada Judy Hsu, Regional CEO for ASEAN and South Asia.

Dalam kurun waktu tiga tahun sebagai CEO Indonesia, Rino yang akrab disapa dengan Donny memegang peranan penting  dalam mendukung pertumbuhan bank dengan memimpin transformasi bisnis Standard 
Chartered Indonesia.

Rino melaorkan laba bersih perusahaan naik dari Rp172 milar pada 2016 menjadi Rp536 miliar pada 2018, serta meningkatkan sistem kontrol dan tata kelola bank.

"Mengingat makin pentingnya kawasan ASEAN bagi Standard Chartered, juga seiring dengan 
perkembangan 10 negara di ASEAN tempat Bank beroperasi, peran baru Donny menjadi 
penting untuk mendukung eksekusi strategi Standard Chartered di ASEAN, dan untuk terus 
menjaga serta memperdalam hubungan dengan para pemangku kepentingan di Indonesia," demikian mengutip keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (30/10/2019).

Donny juga akan terus memegang peranan dalam pengawasan tata kelola usaha, kepatuhan terhadap peraturan, serta manajemen risiko dan pengimplementasian kode etik untuk Indonesia dan ASEAN. 

Adapun Donny telah bergabung bersama Bank selama 22 tahun dan telah memiliki rekam jejak yang kuat dalam bidang audit dan bisnis. Hal tersebut merupakan buah hasil penempatannya di enam lokasi Standard Chartered. Sebelum menjabat sebagai CEO Indonesia, Donny menjabat sebagai CEO Standard Chartered Brunei dan Kepulauan Falkland. 

Sementara itu, sebelum menempati posisi barunya, Andrew menjabat sebagai Head of Retail Banking di Singapura dan telah menjadi bagian dari Bank selama 25 tahun.

Sebagai seorang bankir kawakan dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang pasar finansial, pengelolaan kekayaan (wealth management) dan perbankan ritel,

Andrew memiliki rekam jejak dalam mentranformasi bisnis retail banking di Singapura dan Taiwan. 
Selain itu Andrew juga pernah dinobatkan sebagai Trailblazer of the Year in Asia oleh Retail Banking International 2017 dan Distinguished Fellow Award in Consumer Banking dari Institute of Banking and 
Finance Singapore 2019.

Pada posisi barunya Andrew akan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan 
mengeksekusi strategi untuk Standard Chartered Indonesia, berfokus pada klien dan bisnis lokal, serta bottom line dan profitabilitas. Andrew juga akan merangkap sebagai Head of Retail Banking untuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper