Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Pengembangan Dana yang Mudah di Tahun 2020

Salah satu bentuk pengembangan dana baru yang dapat dicoba di tahun 2020 adalah Peer-to-peer (P2P) Lending yang sedang berkembang pesat dalam 2 tahun terakhir.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 25 November 2019  |  13:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Hanya tinggal beberapa minggu lagi kita akan memasuki tahun baru 2020. Namun, alangkah lebih baik apabila kita mempersiapkan tahun baru 2020 dari sekarang dengan lebih matang, terutama di bidang finansial.

Apalagi, biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi setiap tahunnya, menyebabkan perencanaan keuangan menjadi tantangan tersendiri. Bahkan penghasilan yang didapatkan setiap bulannya pun kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan akhirnya menyebabkan kesulitan keuangan.

Karena itu banyak orang mulai mencari cara pengembangan dana lainnya seperti melakukan investasi.

Investasi adalah cara untuk menyiasati peningkatan biaya hidup. Karena dengan investasi, diharapkan nilai kekayaan yang dimiliki terus meningkat, bahkan lebih tinggi dari kenaikan biaya hidup.

Untuk sebagian orang yang belum pernah melakukan investasi, mungkin mereka akan merasa bahwa investasi itu mahal dan berisiko. Padahal jika investasi dilakukan secara rutin walaupun hanya dengan nominal kecil, dan sesuai preferensi risiko, tentu akan dapat membantu memenuhi tujuan finansial jangka panjang kita.

Namun, yang perlu diperhatikan saat melakukan investasi adalah bagaimana cara memastikan kita dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan finansial serta preferensi risiko kita sendiri.

Salah satu bentuk pengembangan dana baru yang dapat dicoba di tahun 2020 adalah Peer-to-peer (P2P) Lending yang sedang berkembang pesat dalam 2 tahun terakhir.

P2P Lending menghubungkan peminjam (borrower) dengan pemberi dana (lender). Melalui platform P2P Lending, borrower dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan pinjaman. Setiap pinjaman yang disalurkan kepada borrower memiliki bunga pinjaman, yang dapat dinikmati oleh lender sebagai imbal hasil pendanaannya. 

Salah satu platform P2P Lending yang cocok untuk mengembangkan dana adalah Akseleran. Dengan visinya untuk memberikan akses keuangan yang inklusif, Akseleran memiliki banyak aspek yang dapat mendukung kamu untuk meraih keuntungan dalam mengembangkan dana, sekaligus memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. 

Akseleran, P2P Lending Produktif untuk UKM Indonesia

P2P Lending ada 2 jenis kalau dilihat dari sisi tujuan penggunaan pinjamannya, yaitu pinjaman konsumtif dan pinjaman produktif. Akseleran merupakan salah satu platform P2P Lending yang menyediakan pinjaman produktif, berarti pinjaman dari Akseleran disalurkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha.

Pinjaman tersebut biasanya digunakan untuk kepentingan operasional sebuah perusahaan, seperti membeli bahan baku, menambah peralatan, atau modal untuk mengerjakan proyek baru. Beberapa borrower Akseleran antara lain bergerak di bidang kontraktor, distributor, agency, dan logistik.

Lender yang ingin mengembangkan dana tentunya dapat merasa lebih tenang, karena pinjaman diberikan untuk usaha produktif profitable yang telah berjalan lebih 1 tahun. Hal ini tentu berbeda dengan pinjaman untuk kredit konsumtif (seperti untuk kegiatan shopping/travelling) yang risikonya relatif lebih tinggi.

Selain itu, para lender berkesempatan mengembangkan dana dengan imbal hasil hingga 21% per tahun sekaligus membantu pengembangan UKM di Indonesia. 

Di samping itu, Akseleran juga memiliki kelebihan-kelebihan lain yang mengedepankan keamanan di sisi lender, di antaranya:

1. Adanya Agunan

Akseleran memiliki agunan/jaminan di setiap portofolio pinjamannya. Meskipun bukan agunan yang bersifat fixed asset (tanah & bangunan), namun dengan adanya agunan berupa invoice/PO/SPK/Kontrak yang difidusiakan, tentunya akan memperkecil risiko seperti keterlambatan pembayaran atau gagal bayar.

Apabila hal itu pun terjadi, maka agunan dapat dieksekusi atau dijadikan dasar proses hukum untuk memastikan pengembalian dana yang sudah dipinjam.

2. Adanya Proteksi Asuransi

Tentunya pengembangan dana di P2P lending tidak luput sepenuhnya dari risiko, Maka sebagai bentuk jaminan tambahan dari Akseleran, sebagian besar kampanye pinjaman Akseleran telah dilindungi oleh proteksi asuransi. Sehingga para pemberi dana bisa merasa lebih aman karena dana yang dipinjamkan juga ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi ini tidak perlu di klaim sendiri oleh Lender, karena jika ada keterlambatan bayar lebih dari 90 hari, maka Akseleran yang akan melakukan klaim ke penyedia asuransi atas nama lender

Tidak perlu lagi khawatir dengan adanya risiko gagal bayar, karena dengan adanya proteksi Asuransi Kredit apabila ada pinjaman yang mengalami keterlambatan bayar, maka dana akan kembali hingga 85% dari tunggakan pokoknya.

Namun, hal ini diupayakan untuk tidak terjadi, karena tim Akseleran selalu melakukan seleksi yang ketat akan tiap kampanye pinjaman yang ada.

3. Pendanaan Dapat Dimulai Hanya dari Rp100 ribu

Untuk memulai pendanaan di Akseleran dapat dimulai dengan modal kecil, yaitu hanya dari Rp100 ribu. Hal ini dikarenakan Akseleran memiliki sistem crowdfunding, di mana dana dari berbagai lender akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum disalurkan ke kampanye pinjaman.

Maka dari itu, lender dapat memulai mengembangkan dana dengan nominal awal yang minim bersama dengan lender-lender lainnya. Salah satu alasan lain adalah supaya semua lapisan masyarakat dapat memahami dan mencoba mengembangkan dana mereka. 

Dengan modal yang kecil ini, selain risiko menjadi lebih kecil, para calon lender dapat dengan lebih mudah melakukan diversifikasi dengan menyebar pendanaannya di berbagai kampanye untuk menekan risiko.

4. Memiliki Risiko yang Terukur

Bagi yang sudah paham mengenai dunia investasi tentu sudah mengerti adanya risiko dalam setiap investasi yang dilakukan. Semakin tinggi tingkat keuntungannya, semakin tinggi pula risikonya (high risk, high return). Credit scoring digunakan oleh perusahaan P2P Lending untuk menunjukkan tingkat risiko dan return dari setiap kampanye pinjaman.

Karena itu dengan adanya credit scoring, para lender dapat  mengukur tingkat risiko dan imbal hasil dari setiap pendanaan. Harapannya juga, dengan adanya credit scoring, lender bisa melakukan diversifikasi dengan menyebar pendanaannya di berbagai tipe kampanye pinjaman dengan tingkat risiko yang berbeda.

5. Terdaftar dan Diawasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ini salah satu alasan utama mengapa Akseleran aman untuk mengembangkan dana. Per 21 Juni 2017 Akseleran sebagai platform Peer-to-Peer (P2P) Lending resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan status terdaftar yang diberikan oleh regulator akan membuat lender lebih tenang dalam bertransaksi.

Akseleran selalu mengutamakan keamanan serta kenyamanan dalam penggunaannya, baik untuk lender maupun borrower. Karena itu Akseleran selalu menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku dari OJK. Dengan terdaftar dan diawasinya Akseleran oleh OJK, maka setiap proses dan transaksi tentunya akan melewati pengawasan dari OJK. Hal ini tentu akan membuat para pengguna lebih aman dalam bertransaksi di Akseleran.

Selain 5 alasan tersebut, beberapa fitur di bawah juga dapat mempermudah lender untuk mengembangkan dana, mengelola serta melakukan proses transaksi di Akseleran. Beberapa fiturnya seperti: 

     1. Kalkulator Finansial

Salah satu fitur yang dapat mempermudah rencana pendanaanmu di Akseleran adalah dengan fitur Kalkulator Finansial. Pada fitur ini calon pemberi dana dapat melihat proyeksi hasil pendanaan. Cukup tentukan jangka waktu pendanaan, imbal hasil yang diinginkan serta nominal pendanaan bulanan.

Dengan fitur kalkulator finansial ini, harapannya calon lender bisa memiliki rencana keuangan masa depan yang lebih jelas dan terukur.

Jadi, jika kamu memiliki impian memiliki rumah atau kendaraan bermotor, kamu bisa mengukur berapa pendanaan bulanan yang perlu kamu lakukan dan berapa jangka waktunya.

     2. Auto Lending

Fitur ini akan menghemat waktu serta akan membuat pendanaan yang dilakukan lebih optimal. Fitur ini akan memberikan pinjaman ke kampanye-kampanye pinjaman secara otomatis, sesuai dengan pengaturan yang sudah ditentukan oleh Lender.

Fitur ini berguna untuk para lender yang ingin mengembangkan dana di Akseleran tetapi tidak punya banyak waktu untuk melihat dan menganalisa setiap kampanye pinjaman yang baru diluncurkan.

Karena dengan menyalakan fitur Auto Lending, mencari peluang pinjaman akan lebih mudah dan akan mendapatkan peluang yang sesuai dengan preferensimu. Dan kamu tidak perlu khawatir ketinggalan kampanye pinjaman yang menguntungkan!

Mulai Pendanaan di Akseleran dan Nikmati Imbal Hasil Hingga 21% Per Tahun

Akseleran akan membantu persiapan menghadapi tahun 2020 dengan cara pengembangan dana yang mudah, aman, serta menguntungkan. Khusus untuk kamu sebagai calon lender baru yang ingin mencoba platform P2P Lending ini, kamu bisa menggunakan kode promo BISNISCOM2019 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp 100rb. Dengan dana awal ini, kamu bisa mencoba mengembangkan dana di platform Akseleran tanpa harus menggunakan uangmu sendiri.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akseleran
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top