AFPI Gelar Pameran Fintech 2019 di Surabaya

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) terus melakukan sosialisasi ke berbagai daerah. Kali ini giliran Jawa Timur yang jadi tuan rumahnya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 November 2019  |  06:43 WIB
AFPI Gelar Pameran Fintech 2019 di Surabaya
Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono (kanan) bersama Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko memberikan materi saat acara Forum Banking & Fintech di Jakarta, Kamis (9/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com JAKARTA - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)  terus melakukan sosialisasi ke berbagai daerah. Kali ini giliran Jawa Timur yang jadi tuan rumahnya. 

AFPI menyelenggarakan Fintech Exhibition 2019 di SCC Pakuwon Trade Center, Surabaya.

Kegiatan ini menjadi inisiatif berkelanjutan AFPI dan anggota penyelenggara untuk aktif berkontribusi mendukung program pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Indonesia.

Fintech Exhibition Surabaya 2019 yang mengambil tema #MulaiDenganFintech dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan dihadiri oleh jajaran Pemerintah Daerah Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat, dan OJK Regional 4 Jawa Timur.

Acara ini akan dikemas dengan Talkshow, Exhibition, dan Entertainment serta menghadirkan beragam informasi produk dan layanan dari 70 perusahaan penyelenggara fintech lending di Indonesia.

Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi mengatakan Surabaya sebagai pusat perekonomian Jawa Timur menjadi bagian dalam peningkatan industri fintech lending.

Acara ditujukan kepada seluruh warga kota Surabaya untuk memperoleh informasi secara transparan terkait industri yang tumbuh dengan sangat cepat di Indonesia selama tiga tahun terakhir.

“Dengan acara ini, kami berharap masyarakat Surabaya semakin mengetahui dan teredukasi mengenai industri fintech lending yang berizin dan terdaftar di OJK. Sehingga ketika ingin bertransaksi menggunakan industri ini sudah bisa membedakan mana fintech lending yang resmi dan mana yang ilegal,” ujar Adrian seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (29/11/2019).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendata Jawa Timur menjadi daerah ketiga dengan penyaluran pinjaman terbesar di Indonesia pada industri fintech lending. Setidaknya, penyaluran pinjaman di Jawa Timur mencapai Rp6,63 triliun per 30 September 2019 atau sekitar 11 persen dari total akumulasi penyaluran pinjaman secara nasional sebesar Rp60,4 triliun dengan transaksi peminjam (borrower) yang juga mengalami peningkatan hingga 261% year-to-date mencapai 5.812.821 akun borrower.

Fintech Exhibition di Surabaya juga akan diisi oleh berbagai diskusi interaktif yang akan mengedukasi pengujung dan masyarakat Surabaya dengan berbagai tema seperti “Inovasi dan Perkembangan Fintech di Indonesia”, “Fintech Aman untuk Kita Semua”, dan “Fintech Menjangkau yang Tidak Terjangkau”.

Fintech Exhibiton Surabaya 2019 berlangsung hingga hari Minggu, 1 Desember 2019 yang terbuka untuk umum dan mengikuti jam operasional tempat acara. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jawa timur, fintech

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top