Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kredit Tambang Bank Mandiri Dipatok Tumbuh Dua Digit pada 2020

Sepanjang 2019, Bank Mandiri tercatat tumbuh 19 persen secara year-on-year (yoy).
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  14:35 WIB
Karyawati menghitung uang pecahan Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik Bank Mandiri, di Jakarta, Rabu (12/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawati menghitung uang pecahan Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik Bank Mandiri, di Jakarta, Rabu (12/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yakin penyaluran pembiayaan ke sektor pertambangan bisa tumbuh hingga dua digit pada 2020.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan proyeksi pertumbuhan kredit pertambangan hingga dua digit sudah termaktub dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2020. Tetapi, Bank Mandiri disebut akan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengejar target tersebut.

“Namun, target tersebut akan selalu kami review secara berkala dengan terus memperhatikan kondisi perekonomian,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (27/1/2020).

Sepanjang 2019, Bank Mandiri tercatat menyalurkan kredit pertambangan hingga Rp44,98 triliun. Nilai ini tumbuh 19 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Secara umum, penyaluran kredit emiten berkode BMRI itu naik 10,7 persen yoy  sepanjang 2019, menjadi Rp907,5 triliun. Hal ini disokong oleh pembiayaan kepada proyek infrastruktur yang berkontribusi 23 persen terhadap total portofolio kredit.

Adapun rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) sektor tambang turun 3 basis poin (bps) yoy menjadi 1,88 persen. Penurunan ini yang membuat BMRI yakin mampu menggenjot pembiayaan sektor tersebut pada 2020. 

“Kami memproyeksikan pertumbuhan kredit di sektor pertambangan dan penggalian akan tetap dua digit secara yoy,” ucap Rohan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bank mandiri
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top