Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mandiri Incar FBI Rp3,3 Triliun

Perkembangan teknologi, gaya hidup masyarakat, juga persaingan di industri keuangan menjadikan layanan keuangan menjadi ceruk pendapatan bagi industri keuangan termasuk Bank Mandiri.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  23:01 WIB
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero). - Reuters
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero). - Reuters


Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mengincar pendapatan non bunga sebesar Rp3,3 triliun.

Direktur Consumer & Retail Transaction Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan fee based income (FBI) transaksi melalui platform kanal pembayaran elektronik (e-channel) menyumbang sebesar Rp3 triliun pada 2019.

Transaksi tersebut dikontribusi oleh tansaksi melalui mesin ATM, mobile banking atau Mandiri Online (Mandol), SMS Banking, juga uang elektronik atau E-money.

"Tahun ini kami harapkan tumbuh 10%-12%, kalau 2019 mencapai Rp3 triliun, tahun ini harapannya tumbuh menjadi Rp3,3 triliun atau Rp3,4 triliun," kata Hery usai Seremoni Penyerahan Hadiah Utama Program Undian poin 2019 di Jakarta, Rabu (29/1/2019).

Hery menyebutkan pendapatan non bunga menjadi celah bisnis yang menarik. Perkembangan teknologi, gaya hidup masyarakat, juga persaingan di industri keuangan menjadikan layanan keuangan menjadi ceruk pendapatan bagi industri.

"[Saat ini] margin bank di kredit semakin di-compress, jadi bank harus putar otak, salah satu upayanya [mencari pendapatan] dari transaksi. Di Mandiri ada yang namanya transtactional banking, baik wholesale maupun ritel untuk menciptakan pendapatan," katanya.

Sebagai upaya mendorong transaksi di e-channel, Bank Mandiri menjalankan kerja sama dengan merchant, misalnya Telkomsel. Bahkan program ini diikuti dengan program promo undian berhadiah bagi nasabah yang membeli pulsa atau data Telkomsel dengan menggunakan e-channel Bank Mandiri.

Program yang berlangsung dari 1 April - 30 September 2019, menghasilkan sekitar 2,7 juta transaksi pembelian pulsa dan paket data Telkomsel melalui platform e-channel.

Transaksi tersebut pun meningkat 11% dari rata-rata bulanan di kondisi normal. Di samping itu, volume transaksi e-channel Bank Mandiri pun meningkat menjadi sebesar Rp3,9 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top