Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilih-pilih Promo KPR Awal Tahun

Perbankan menawarkan suku bunga KPR yang menarik di awal tahun.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  21:23 WIB
Foto udara kawasan perumahan di Gunung Sindur, Bogor, Sabtu (28/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Foto udara kawasan perumahan di Gunung Sindur, Bogor, Sabtu (28/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Suku bunga rendah menjadi strategi perbankan memacu kredit pemilikan rumah (KPR) di awal 2020.

Perang bunga kredit kepemilikan rumah ini bagi perbankan membantu memacu laju kredit segmen konsumer di awal tahun.  Saat yang sama, calon konsumen yang ingin memiliki rumah sendiri dapat memanfaatkan program ini mendapatkan rumah dengan cicilan bunga murah. Berikut daftar bank yang menawarkan promo suku bunga KPR rendah di awal tahun ini.

1. BTN

Dalam rangka HUT BTN yang ke-70, bank menghadirkan program promo bunga KPR sebesar 6,99 persen fixed 2 tahun. Selain itu, terdapat sejumlah program spesial seperti bunga mulai dari 8,88 persen fixed 2 tahun. Program ini menyasar nasabah dengan plafon kredit Rp250 juta hingga Rp1,5 miliar.

Selain itu, juga diselenggarakan program multiguna dengan maksimal jumlah pinjaman di Rp250 juta. Program ini menawarkan suku bunga sebesar 9,49 persen fixed selama 2 tahun.

2. Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menghadirkan suku bunga mulai dari 3,65persen melalui Program Xtra Ringan. Periode promo tersebut berlaku hingga 31 Maret 2020.  Adapun, program tersebut terbagi dua. Pertama program A dengan bunga 3,65 persen di tahun pertama, serta bunga 6,50 persen di tahun ke-2 dan ke-3. Kedua, Program B, bunga dikenakan sebesar 5,65 persen untuk tahun pertama dan bunga sebesar 7,88 persen fixed untuk tahun ke-2 hingga ke-5.

Beberapa pengembang yang menjadi mitra CIMB Niaga dalam program ini di antaranya Ciputra, Alam Sutera, Lyman Property, Hero Property, Matahari Land, Agung Podomoro Land, Meisterstadt, Premier, Intiland, Sinarmas Land, Duta Putra Land, Lippo Group, PP Property, dan Summarecon Serpong.

Di samping itu, CIMB Niaga juga menawarkan Program XTRA Multiguna dengan suku bunga KPR 8,5 persen fixed selama 3 tahun.

3. BNI

Bank BUMN ini menghadirkan produk BNI Griya. Produk ini memberikan suku bunga ringan dan tetap mulai dari 6,75 persen p.a efektif fixed 2 tahun pertama dan 7,75persen p.a efektif fixed 1 tahun berikutnya. Jangka waktu kredit diberikan hingga 25 tahun dan usia minimum yakni 21 tahun saat pengajuan. Selain untuk membeli KPR atau KPA, BNI Griya juga menyediakan fasilitas untuk pembangunan/renovasi, top up, refinancing, atau take over properti berupa rumah tinggal, villa, apartemen, kondominium, rumah toko, rumah kantor, atau tanah kaveling yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing pemohon.

4. BCA

Terdapat beberapa skema pinjaman yang ditawarkan BCA, mulai dari bunga fixed 1 tahun hingga 5 tahun. Beberapa di antaranya bunga 8,75 persen fixed 1 tahun, 8,75 persen fixed 2 tahun, 8,00 persen fixed 3 tahun, dan 8,50 persen fixed 5 tahun.

Setelah masa suku bunga fix berakhir, maka akan diberlakukan suku bunga floating yang ditinjau secara berkala sampai dengan masa kredit berakhir.

Selanjutnya, BCA memberikan kepastian angsuran sampai dengan 5 tahun, yaitu bunga 8,00 persen fixed 2 tahun dan 9,0 persen cap 2 tahun.

5. Bank Panin

KPR Panin #SamaTapiBeda menawarkan bunga mulai dari 6,88 persen fixed 3 tahun. Minimal tenor diberikan selama 3 tahun serta tanpa mensyaratkan pengendapan dana. Proses KPR dilayani secara cepat dengan proses persetujuan hanya dalam 3 hari kerja. Selain itu, keleluasaan pembiayaan diberikan hingga 20 tahun. Dengan tenor yang panjang ini, debitur dapat dengan mudah mengatur keuangan dan besarnya angsuran setiap bulan.

6. Bank Mandiri

Suku bunga Mandiri KPR untuk nasabah baru ditawarkan mulai dari 7,5 persen fixed 3 tahun. Jangka waktu yang diberikan hingga 20 tahun. Mandiri bekerja sama dengan lebih dari 900 proyek developer di seluruh Indonesia.

Adapun, umur yang disyaratkan minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun untuk pegawai, dan 60 tahun untuk profesional/wiraswasta.

Selain itu, mulai tahun ini, Bank Mandiri kembali menawarkan program promo KPR terbaru dengan bunga sebesar 10,99 persen fixed selama 10 tahun.

7.Maybank Indonesia

Maybank KPR AkuBisa beri kemudahan khusus untuk milenial memiliki rumah atau apartemen tanpa ribet. Mulai dari suku bunga rendah, tenor yang lebih panjang hingga 30 tahun, uang muka ringan sebesar 5 persen, serta cicilan tetap hingga 5 tahun.

Suku bunga 5 tahun pertama diberikan sebesar 7,75 persen. Kemudian 2 tahun selanjutnya bunga akan dikenakan sebesar 9 persen, dan tahun berikutnya floating dengan bunga sebesar 12,26 persen.

Usia yang disyaratkan minimal 31 dan maksimal 35 tahun saat pengajuan, memiliki penghasilan rutin setiap bulannya. Selain itu, syarat bagi karyawan harus memiliki pengalaman karena 2 tahun.

8. Standard Chartered Bank

Standard Chartered Bank dengan program Home Suite menghadirkan beberapa pilihan produk, seperti pembelian rumah/apartemen/ruko baru atau seken, pengalihan KPR/KPA dari bank lain, serta equity loan (Kredit Multi Guna).

Untuk KPR/KPA, bunga yang ditawarkan mulai dari 6,75 persen. Rinciannya, 6,75 persen p.a. fixed 1 tahun pertama, 7,50 persen p.a. fixed 2 tahun pertama, 7,75 persen fixed 3 tahun, dan 8,00 persen fixed 5 tahun. Untuk masing-masingnya, setelah masa fix rate habis, maka selanjutnya berlaku suku bunga floating.

Lalu mana yang paling menarik? Silahkan memilih sesuai kebutuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top