Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prudential Tandatangani Kontrak US$753 Miliar dengan FWD Group

Unit Prudential Thailand akan membeli hak eksklusif dari FWD untuk menjual asuransi jiwa melalui TMB Bank Pcl.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Prudential Plc, perusahaan asuransi yang berbasis di Inggris, telah setuju mengakuisisi kemitraan bancassurance di Thailand dari FWD Group Ltd. dalam kesepakatan senilai 24,5 miliar baht atau US$753 juta.  

Dilansir Bloomberg, Kamis (19/3/2020), unit Prudential Thailand akan membeli hak eksklusif dari FWD untuk menjual asuransi jiwa melalui TMB Bank Pcl. Jangka waktu awal kemitraan ini adalah 15 tahun dan prudential akan membayar dua kali angsuran dimana pembayaran pertama sebesar 12 miliar baht jatuh tempo bulan depan. Menurut pernyataan resmi, FWD akan menerima 20 miliar baht untuk kontrak TMB.  

TMB Bank yang didukung oleh ING Groep NV, telah menjajaki opsi untuk kemitraan bancassurance yang ada setelah konsolidasi baru-baru ini di industri perbankan dan asuransi Thailand. Pilihannya termasuk memperbarui kemitraan dengan FWD atau menemukan mitra baru. 

Proses pengalihan kontrak lama ke kontrak baru akan dimulai dari 1 April mendatang dengan sisa masa kontrak bancassurance FWD sepenuhnya ditransfer ke Prudential Thailand pada 31 Desember tahun ini.

"Selama masa transisi, FWD akan terus menawarkan produk dan layanannya kepada pelanggan TMB," ujar pernyataan itu, dilansir Bussines Times. 

Sementara itu, Prudential mengatakan bahwa Thailand adalah pasar asuransi jiwa terbesar kedua di Asia Tenggara dan pasar reksa dana terbesar.Kemitraan bancassurance melengkapi posisi pasar lima besar Prudential di pasar reksa dana.

"Ini juga memperdalam hubungan yang kuat dengan TMB yang didirikan melalui kemitraan manajemen aset ventura bersama Prudential, di mana Prudential memiliki 12 persen pangsa pasar reksa dana Thailand," kata Prudential.

Nic Nicandrou, kepala eksekutif Prudential Corporation Asia mencatat bahwa ikatan dengan TMB akan memberi warga Thailand akses ke platform digital dan solusi holistik untuk melindungi keluarga mereka dan menumbuhkan kekayaan mereka.

Pada Juli tahun lalu, FWD setuju untuk membayar sekitar US$3 miliar untuk operasi asuransi jiwa Siam Commercial Bank Pcl Thailand dalam akuisisi terbesarnya. FWD telah memilih untuk menjual kemitraannya dengan TMB kepada Prudential untuk meredakan kekhawatiran antimonopoli menyusul kesepakatan tersebut. 

Pada Agustus 2019, TMB dan Thanachart Bank Pcl menyetujui merger yang direncanakan akan membentuk bank terbesar keenam negara itu dengan aset sekitar 1,9 triliun baht. TMB juga disebut-sebut meninjau kemitraan asuransi jiwa Thanachart dengan Prudential Plc. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper