Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terapkan Physical Distancing, Uang Pensiun Taspen Bisa Diambil di ATM BNI

Bagi pensiunan yang memiliki kartu ATM dapat melakukan tarik tunai di ATM BNI dan Agen46 terdekat tanpa perlu melakukan autentifikasi atau datang ke kantor cabang BNI.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 April 2020  |  22:34 WIB
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero), yang mana telah bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) dalam hal pembayaran uang pensiun, mengumumkan, pengambilan uang pensiun bulan April 2020 dapat diambil melalui mesin ATM BNI, tidak perlu datang ke kantor cabang.

Bagi pensiunan yang memiliki kartu ATM dapat melakukan tarik tunai di ATM BNI dan Agen46 terdekat tanpa perlu melakukan autentifikasi atau datang ke kantor cabang BNI.

Sementara bagi pensiunan yang belum memiliki kartu ATM BNI dipersilahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengikuti prosedur penarikan tunai tanpa kartu ATM.

Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati mengatakan kebijakan tersebut dilakukan Taspen dan BNI sebagai respon atas perlunya kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19 dan guna mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

"Kemudahan ini kami maksudkan untuk meningkatkan perlindungan terhadap para pensiunan yang rata-rata merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan terjangkit COVID-19. Dengan cara ini transaksi penarikan dana pensiun menjadi jauh lebih aman dan nyaman," katanya melalui siaran pers, Rabu (1/4/2020).

Jumlah pensiunan Taspen yang akan menerima manfaat dana pensiunnya pada April 2020 dan dilayani BNI mencapai sekitar 34.701 nasabah.

Pembayaran dana pensiun tersebut dapat dilakukan di seluruh cabang BNI. Cabang-cabang berada dibawah 57 cabang padanan Taspen yang disebut Kantor Cabang Koordinator (Kancako).

Di tengah penyebaran covid-19, pensiunan disarankan untuk bertransaksi secara elektronik menggunakan sarana mobile banking sehingga arahan pemerintah untuk dirumah saja dapat diikuti dengan nyaman.

Jika tetap membutuhkan layanan perbankan di cabang, layanan ke pensiunan dipastikan aman karena telah diterapkan protokol pengamanan virus corona.

Protokol tersebut antara lain protokol tindakan preventif, yaitu berupa pengecekan suhu tubuh kepada semua orang yang masuk ke kantor cabang. Selain itu BNI juga menyiapkan hand sanitizer di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh pensiunan.

Kemudahan yang sama juga diberikan oleh Dana Pensiun dan Lembaga Keuangan (DPLK) BNI. Untuk menekan potensi terjangkit covid-19, para peserta DPLK dapat melakukan aktivitas setoran ke rekening DPLK-nya (BNI Simponi) melalui e channel BNI (i-bank, M-bank, ATM, SMS Banking, Phone Banking, BNI Direct).

Sedangkan bagi para peserta yang akan mencairkan dananya, dapat melakukan pengiriman soft copy dokumen via email dan mengirimkan hard copy-nya ke DPLK BNI. Setelah proses selesai maka pengambilan dananya dapat dilakukan melalui ATM bank manapun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni taspen
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top