Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Tengah Pandemi Corona, BCA Tetap Komitmen ke UMKM

Dalam mendukung pertumbuhan UMKM, BCA mengedepankan peranan sentra UMKM yang tersebar di beberapa kota besar, yang telah memperlihatkan kinerja yang baik.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 10 April 2020  |  17:38 WIB
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Suasana darurat akibat virus corona (COVID-19) saat ini membuat perbankan harus terus berkoordinasi dan melakukan konsolidasi dengan semua pihak untuk menjamin eksistensi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication PT Bank Central Asia Tbk. Hera F. Haryn menyatakan saat ini perseroan terus mengetatkan konsolidasi dan komunikasi dengan regulator dan stakeholder.

Koordinasi ini dilakukan bagi para rekanan bisnis BCA skala besar hingga UMKM untuk merespon dinamika yang terjadi sebagai bagian dari komitmen layanan perbankan BCA.

Hera mengatakan selama ini dalam mendukung pertumbuhan UMKM, BCA mengedepankan peranan sentra UMKM yang tersebar di beberapa kota besar, yang telah memperlihatkan kinerja yang baik.

“Sentra UMKM hadir untuk melengkapi jaringan kantor-kantor cabang dalam hal proses pengajuan kredit UMKM,” ujar Hera kepada Bisnis.

Dia menjelaskan proses pengajuan kredit melalui sentra UMKM telah memberikan kontribusi yang signifikan sekitar 45 persen dari total pertumbuhan kredit UKM sepanjang 2019.

BCA pun membukukan pertumbuhan kredit komersial dan UMKM yang solid pada 2019 sebesar 12,8 persen menjadi Rp214,2 triliun sepanjang tahun lalu. Kredit UKM meningkat 13,6 persen menjadi Rp88,5 triliun.

“Pertumbuhan pada kedua segmen ini terutama ditopang oleh kebutuhan atas kredit modal kerja,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca umkm Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top