Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dongkrak Pendapatan Komisi di Tengah Pandemi, Ini Strategi Bank Mandiri

Pendapatan fee based income Bank Mandiri per kuartal I/2020 masih menunjukkan peningkatan hampir 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 23 April 2020  |  18:15 WIB
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih optimistis pendapatan non-bunga (fee based income) tetap tumbuh di tengah pandemi corona (Covid-19).

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengakui pembatasan sosial memang mempengaruhi aktivitas perekonomian serta transaksi pada layanan perseroan.

Beberapa layanan yang menunjukkan tren penurunan transaksi, di antaranya transaksi pada merchant fisik melalui mesin electric data capture (EDC) dan penurunan aktivitas pada mesin ATM.

Meskipun demikian, Bank Mandiri masih bisa meningkatkan pendapatan non-bunga atau fee based income (FBI). Meskipun, tren pendapatan FBI pada Maret dan April 2020 telah menunjukkan penurunan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Tercatat, pendapatan FBI per kuartal I/2020 masih menunjukkan peningkatan hampir 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tentunya hal ini didorong dengan peningkatan aktivitas transaksi yang dilakukan secara online melalui layanan Mandiri Online, transaksi e-commerce, dan transaksi pada merchant EDC khususnya yang menyediakan layanan pesan antar," katanya kepada Bisnis, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, saat ini Bank Mandiri menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan transaksi di tengah keterbatasan aktivitas. Misalnya, strategi Anti Mati Gaya dengan yang mampu melayani semua kegiatan transaksional lewat online.

Bank Mandiri juga berupaya mengalihkan metode transaksi dari penggunaan mesin EDC ke transaksi e-commerce, dan percepatan implementasi merchant-merchant online dalam rangka menggenjot transaksi e-commerce.

"Adapun, dengan dilakukannya strategi Anti Mati Gaya, diharapkan untuk kuartal II/2020 ini tetap menjaga pendapatan FBI yang telah diperoleh pada kuartal sebelumnya," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri pendapatan fee based income
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top