Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gaji Dipotong atau Di-PHK karena Covid-19? Jangan Patah Semangat, Lakukanlah Hal Ini

Semenjak pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret kemarin, banyak perusahaan yang mengambil langkah-langkah sulit dan ekstrim dalam mempertahankan bisnis mereka dan tentunya untuk mengurangi kerugian akibat kejadian ini.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 29 April 2020  |  09:15 WIB
ilustrasi: seseorang yang di PHK.
ilustrasi: seseorang yang di PHK.

Bisnis.com, JAKARTA - Semenjak pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret kemarin, banyak perusahaan yang mengambil langkah-langkah sulit dan ekstrim dalam mempertahankan bisnis mereka dan tentunya untuk mengurangi kerugian akibat kejadian ini.

Ada perusahaan yang PHK ribuan karyawan, merumahkan ribuan karyawan hingga pandemi selesai, ditambah juga sedikitnya lowongan kerja hingga menutup beberapa tempat bisnis.

Bersyukurlah bila Anda tidak termasuk orang yang mengalami PHK, dipulangkan atau pemotongan gaji. Namun, teruntuk yang sedang mengalami masalah ini, pasti Anda dilanda kegelisahan tinggi hingga kerugian pada keuangan baik usaha atau pribadi.

Jangan patah semangat, mari simak beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi uang dalam keadaan seperti ini.
1. Buka Bisnis Online

Setelah adanya himbauan dari pemerintah untuk di rumah saja selama pandemi, hal ini membuat beberapa bisnis offline seperti bisnis makanan dan minuman menjadi sepi pembeli. Tetapi Anda harus bisa melihat kesempatan dalam kesempitan. Cobalah untuk bisa memanfaatkan masa isolasi ini untuk memulai bisnis online milik sendiri.

Anda bisa jadi penjual langsung atau menjadi seorang reseller. Bisnis online yang ramai pengunjung adalah bisnis penyedia kebutuhan kesehatan seperti vitamin, masker hingga jenis makanan apapun itu. Baik itu sayur-sayuran, daging mentah, frozen food dan makanan matang siap saji. Cobalah juga untuk menggunakan jasa ojek online atau e-commerce untuk urusan delivery.

Bila Anda ingin pinjam dana untuk membuka usaha online, cobalah untuk memanfaatkan layanan pinjaman mini dan jumbo dari Kredivo. Layanan pinjam dana tunai dari Kredivo ini bisa memberikan limit hingga Rp30 juta dengan bunga 2,95% dan tenor mulai dari 1, 3 hingga 6 bulan. Sangat cocok buat Anda yang ingin memulai bisnis online.

2. Buka Kelas Online

Saat wabah Corona seperti ini sekolah, universitas dan kantor terpaksa tutup, sehingga orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu luangnya di rumah. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan belajar online. Di sinilah permintaan terhadap jasa tutor online semakin meningkat.

Tidak perlu susah-susah bikin website baru, Anda bisa menggunakan media gratis untuk memulainya seperti e-book, blog, skype, zoom atau google hangout. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram dan twitter sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis jasa baru Anda.

Selain pelajaran sekolah, pelajaran online seperti desain grafis, web development, programming juga banyak diminati sehingga tutor online sangat dibutuhkan. Coba pikirkan kira-kira adakah materi pelajaran atau keterampilan yang Anda kuasai? Kalau ada barangkali menjadi tutor online bisa jadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan di tengah wabah corona.

3. Menjadi Freelancer

Walaupun pemasukan dari freelancer pun mungkin tidak sebanyak atau se-stabil pendapatan harian atau bulanan, tetapi lebih baik ada pemasukan walalupun sedikit daripada tidak sama sekali bukan?

Anda bisa menjadi video editor, content creator, animator, desain grafis, jasa penulisan hingga editing. Untuk mendapatkan peluang lebih banyak, rambah lowongan proyek di situs-situ seperti upwork.id, project.co.id, sribulancer dan masih banyak lagi.

4. Isi Survey Online

Ada banyak situs di internet yang menawarkan survey online berbayar, seperti ClixSense, Global Test Market, iPanel, Mobrog dan masih banyak lagi. Artinya dengan Anda mengisi survey pada situs tersebut maka Anda akan mendapatkan uang. Selain uang, biasanya reward yang diberikan berupa voucher atau kupon belanja, hadiah berupa barang, pulsa dan lainnya.

Survey ini tidak memerlukan keterampilan khusus, hanya memberikan opini atau impresi terhadap produk yang diberikan. Walaupun cara ini belum dapat menjadi cara paling efektif untuk menghasilkan uang yang banyak. Tapi tidak ada salahnya kamu coba untuk mengisi waktu luang saat bekerja dari rumah selama wabah Corona ini.

5. Jual Barang Bekas Online

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekas milik pribadi secara online. Anda bisa menjual lewat marketplace, sosial media atau langsung menawarkan ke teman atau keluarga lewat whatsapp.

Cara ini bisa Anda lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak digunakan lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjaman kredivo
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top