Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bergulir Mulai Mei, Begini Mekanisme Pemberian Subsidi Bunga Kredit UMKM 

Pemberian subsidi bunga untuk debitur UMKM yang senilai Rp34,15 triliun ke 60,66 juta rekening akan mulai diberikan pada Mei 2020. Lantas bagaimana mekanismenya? 
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  10:13 WIB
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemberian subsidi bunga untuk debitur UMKM yang senilai Rp34,15 triliun ke 60,66 juta rekening akan mulai diberikan pada Mei 2020. Lantas bagaimana mekanismenya? 

Berdasarkan paparan Kementerian Keuangan pada Senin (18/5/2020), debitur UMKM yang mendapatkan subsidi bunga harus memenuhi kriteria yakni memiliki plafon pinjaman paling tinggi Rp10 miliar, tidak masuk Daftar Hitam Nasional pinjaman, dan kualitas kredit sebelum Covid-19 (29 Februari 2020) kolektibiltas 1 dan kolektibilitas 2.

Selain itu, debitur UMKM tersebut juga harus memiliki NPWP atau mendaftar NPWP, dan melakukan restrukturisasi, khususnya untuk debitur dengan pinjaman di atas Rp500 juta sampai dengan Rp10 miliar. 

Setelah kriteria tersebut dipenuhi, OJK akan memberikan data debitur sebagai dasar pemerintah memberikan subsidi bunga. Sistem menghitung subsidi bunga untuk masing-masing debitur yang disampaikan OJK dan Badan Layanan Umum (BLU).

Bank, BUMN, dan BLU menyampaikan besaran subsidi bunga kepada seluruh debiturnya yang eligible berdasarkan data OJK dan BLU, untuk mendaftar dan memanfaatkan fasilitas subsidi bunga. 

Selain itu, pemberian subsidi bunga juga akan diberikan pada debitur yang telah mendaftar. Pendaftaran dilakukan online atau tanpa kehadiran fisik. 

Nantinya, subsidi bunga akan diberikan selama 6 bulan, dengan tarif 6% untuk 3 bulan pertama dan 3% untuk bulan kedua.

Sementara itu, untuk debitur dengan pinjaman kredit Rp500 juta sanpai dengan 10 miliar diberikan subsidi bunga 3% untuk 3 bulan pertama dan 2% untuk 3 bulan kedua. Sedangkan bagi debitur yang termasuk dalam program kredit pemerintah diberikan subsidi bunga 6% untuk 6 bulan atau subsidi penuh. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit umkm
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top