Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aturan Tapera Terbit, Berlaku Wajib Bagi Pekerja dan Iuran 3 Persen dari Gaji

Berdasarkan Pasal 5 PP 25/2020, pemerintah mewajibkan masyarakat pekerja dan pekerja mandiri untuk menjadi peserta Tapera. Pekerja yang berusia paling rendah 20 tahun atau sudah menikah diharuskan menjadi peserta Tapera.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  16:15 WIB
Tapera - Istimewa
Tapera - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menerbitkan peraturan mengenai penyelenggaraan tabungan perumahan rakyat atau Tapera dan mewajibkan masyarakat menjadi peserta Badan Pengelola atau BP Tapera.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tapera yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly pada Rabu (20/5/2020).

Beleid itu mengatur penyelenggaraan Tapera melalui penyimpanan dana oleh peserta secara periodik yang dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan pesertanya. Selain itu, hasil pemupukan dana pun dapat dikembalikan kepada peserta setelah masa kepesertaannya berakhir.

Berdasarkan Pasal 5 PP 25/2020, pemerintah mewajibkan masyarakat pekerja dan pekerja mandiri untuk menjadi peserta Tapera. Pekerja yang berusia paling rendah 20 tahun atau sudah menikah diharuskan menjadi peserta Tapera.

"Setiap pekerja dan pekerja mandiri yang berpenghasilan paling sedikit sebesar upah minimum wajib menjadi peserta. Pekerja mandiri yang berpenghasilan di bawah upah minimum dapat menjadi peserta," tertulis dalam beleid tersebut. 

Para peserta dikenakan simpanan atau iuran sebesar 3% dari total gaji atau penghasilannya. Iuran peserta segmen pekerja akan dihitung berdasarkan gaji yang dilaporkan setiap bulannya, sedangkan peserta bukan pekerja akan dihitung berdasarkan penghasilan rata-rata dalam satu tahun dengan batasan tertentu.

Pemerintah mengatur bahwa peserta yang tidak membayar iuran akan dinyatakan nonaktif status kepesertaannya, tetapi rekening kepesertaannya akan tetap tercatat di BP Tapera. Untuk mengaktifkan kembali status tersebut, peserta dapat melanjutkan pembayaran iuran.

Pemerintah pun mengatur kepesertaan seseorang otomatis berakhir setelah memasuki masa pensiun bagi pekerja dan mencapai usia 58 tahun bagi pekerja mandiri. Selain itu, peserta yang meninggal dunia dan tidak memenuhi kriteria kepesertaan selama lima tahun akan berakhir status kepesertaannya di BP Tapera.

"Peserta yang berakhir kepesertaannya karena telah pensiun atau telah mencapai usia 58 tahun sebagaimana dapat kembali menjadi peserta yang merupakan pekerja mandiri selama masih memenuhi persyaratan sebagai peserta. Peserta [tersebut] berakhir kepesertaannya apabila meninggal dunia atau mengundurkan diri dan mengklaim pengembalian simpanan," tertulis dalam beleid tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tapera tabungan perumahan rakyat Iuran Tapera bp tapera
Editor : Wibi Pangestu Pratama
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top