Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Bakal Kembangkan Produk Pinjaman Online Lewat Bank Digital BCA

Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan pengembangan produk pinjaman online tersebut akan dilakukan melalui anak usaha, Bank Digital BCA.
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. membuka peluang untuk mengembangkan produk pinjaman online alias pinjol lewat anak usahanya barunya, Bank Digital BCA, yang sebelumnya bernama Bank Royal Indonesia. 

Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan pengembangan produk pinjaman online tersebut akan dilakukan melalui anak usaha, Bank Digital BCA. Menurut Suwignyo, nasabah individual di Bank BCA ada sebanyak 17 juta, namun yang memiliki rekening pinjaman masih sangat sedikit.

"Banyak yang belum bisa kita layani, terutama di lending. Ke depan kita akan mulai masuk dengan digital, mudah-mudahan bisa masuk ke sana," katanya, Senin (15/6/2020).

Menurut Suwignyo ada beberapa tantangan dalam mengembangkan produk pinjaman online, misalnya tidak adanya jaminan yang diagunkan.

"Selama ini bank meminjamkan menggunakan agunan, biasanya tekfin yang mengambil pasar tanpa agunan. Tapi bukan berarti tidak mungkin, ya kita lihat segmen tertentu," jelasnya.

Selain itu, Suwignyo mengatakan tantangan lainnya adalah mengatasi risiko kredit segmen tersebut. Namun menurutnya, risiko pinjaman online dapat diatasi dengan cara berkolaborasi dan mengintegrasikan data dengan ekosistem lain.

"Untuk credit scoring kita tidak hanya menggunakan data yang ada, tapi kita juga menggunakan data sosial media, data dari public company, telco, segala macam. Ini memungkinkan. Kita bisa lihat karakternya seperti apa, itu bisa kita pakai untuk mengurangi risiko," katanya.

Sebagaimana diketahui, Bank Digital BCA merupakan re-branding dari entitas bank kecil, yakni Bank Royal, yang diakuisisi perseroan tahun lalu.

Rencananya, soft opening Bank Digital BCA akan dilakukan pada semester II/2020. Soft opening dilakukan untuk melakukan percobaaan internal dengan menyesuaikan sejumlah aplikasi sebelum dirilis ke masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper