Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Pandemi, Perbankan Indonesia Dinilai Lebih Kuat Dibandingkan ASEAN

Adapun berdasarkan data Bank Mandiri, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan Indonesia terbilang masih kuat yakni sebesar 22,33% per Februari 2020.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  19:22 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Perbankan di Indonesia dinilai lebih kuat menghadapi pandemi Covid-19 dibandingkan perbankan di ASEAN lantaran memilii rasio kecukupan modal yang lebih tinggi.

Adapun berdasarkan data Bank Mandiri, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan Indonesia terbilang masih kuat yakni sebesar 22,33% per Februari 2020. Sedangkan Vietnam sebesar 11,95%, Filipina 12,85%, Malaysia 18,40%, dan Thailand 19,14%.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) yang tinggi menunjukkan perbankan Indonesia memiliki ketahanan terhadap shock. Selain itu perbankan kita sangat dibatasi terhadap produk-produk derivat yang berisiko.

"Hal ini terbukti membuat perbankan Kita bisa selamat pada saat terjadi global financial crisis," katanya kepada Bisnis, Rabu (17/6/2020).

Menurutnya, CAR yang berada jauh di atas batas minimum menunjukkan salah satu bukti ketahanan perbankan di Indonesia. CAR yang tinggi tersebut mampu menopang kenaikan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL).

"CAR adalah salah satu faktor yang membuat perbankan kita lebih tahan. Perbankan kita tidak sophisticated seperti perbankan di Luar negeri," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bank mandiri modal
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top