Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemulihan Ekonomi Nasional: BI Siap Tanggung Beban Lebih Besar

Gubernur BI Perry Warjiyo menegaskan pihaknya akan menanggung pendanaan dan mengambil beban lebih besar dalam burden sharing antara BI dan Pemerintah di dalam pemulihan ekonomi.
Edi Suwiknyo & Ni Putu Eka Wiratmini
Edi Suwiknyo & Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  12:34 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA  - Pimpinan tertinggi di Bank Indonesia mengaku siap menanggung beban lebih besar dalam proses pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Skema burden sharing atau pembagian beban antara pemerintah dengan Bank Indonesia (BI) diklaim hampir rampung.
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan, bahkan untuk korporasi bisa dipertimbangkan sama-sama dengan UMKM.
"Sekali lagi burden sharing, BI siap untuk tanggung tidak hanya pendanaan tapi juga beban lebih besar," kata Perry di DPR, Senin (29/6/2020).
 
Seperti diketahui, beban dampak Covid-19 sebesar Rp903,46 triliun. Dengan rincian beban untuk public goods senilai Rp397,6 triliun dan non public goods senilai Rp505,86 triliun.
 
Dengan asumsi market rate (bunga SBN) sebesar 7,36 persen, maka beban bunga utang atas dampak Covid-19 senilai Rp66,5 triliun. Dari jumlah tersebut  BI menanggung Rp35,9 triliun atau 53,9 persen.
Perry memastikan bahwa tata kelola pelaksanaan kebijakan akan berjalan secara optimal. Semua kebijakan yang ditempuh BI maupun pemerintah akan diarahkan untuk memulihkan kondisi perekonomian nasional.
"Jadi sekali lagi, burden sharing BI siap," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perry warjiyo pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top