Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai Jual-Beli Rekening Jenius, Ternyata Bank BCA hingga BRI Juga Ada

Tak hanya rekening Jenius yang diperjualbelikan. Ternyata beberapa rekening dari bank lain juga ditransaksikan secara bebas
Value Proposition and Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan Sutjipto Tisnabudi memberikan penjelasan tentang produk Jenius di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Value Proposition and Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan Sutjipto Tisnabudi memberikan penjelasan tentang produk Jenius di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA— Rekening Jenius dari PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) ramai diperjualbelikan di dunia maya yang muncul di linimasa Twitter. Ternyata, tak hanya Jenius, iklan transaksi rekening bank lain pun beredar. Lalu iklan rekening bank apa saja ya beredar?

Dari pantauan Bisnis, Minggu (5/7/2020), di Instagram iklan tentang penjualan rekening sejumlah bank juga beredar. Melalui tanda pagar jual rekening, muncul 761 publikasi tentang iklan penjualan barang yang tak lazim ini. 

Salah satu di antaranya bahkan muncul dengan pencarian tanda pagar 'jual rekening atm'. Pada publikasi iklannya, pemilik akun jualrekening88 itu memperlihatkan sejumlah kartu debit dari Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank Permata dan Bank BCA dengan alas buku tabungan Bank Mandiri dan Bank BCA. 

Iklan yang dipublikasikan pada Sabtu (4/7/2020) itu belum mendapatkan interaksi dari calon pembeli namun membubuhkan nomor yang bisa dihubungi melalui WhatsApp. Pada kiriman lainnya, pemilik akun juga menunjukkan kartu debit dari Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BCA. 

Akun tersebut baru memiliki tiga publikasi yang semuanya diunggah pada Sabtu (4/7/2020). Akun itu tercatat memiliki 59 pengikut dan mengikuti 186 akun lainnya. Pemilik pun menambahkan informasi pada bagian profil yakni transaksi yang bisa dilakukan melalui situs dagang elektronik Bukalapak dan Tokopedia. 

Akun lainnya yakni jualrekening46 sepertinya dimiliki oleh pemilik akun yang sama dengan akun jualrekening88 karena keduanya mencantumkan nomor WhatsApp yang sama. 

Menariknya, pada akun lainyakni iklan47201 juga terdapat publikasi serupa. Kiriman yang diunggah 15 jam lalu ini menunjukkan kartu debit dari Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank BRI dengan harga Rp500.000 lengkap dengan nomor yang bisa dihubungi melalui WhatsApp. 

Info tentang penjualan rekening ternyata telah tercatat sejak 2006 dan 21 Desember 2019. Dari publikasi tertanggal 21 Desember 2019, salah satu akun bernama infopenipu.receh, mengiklankan penjualan rekening Bank BRI. Dalam iklan tersebut, pemilik akun menawarkan manfaat berupa bisnis lancar, aman dan tak terciduk aparat. Adapun, produk yang dijual yakni nomor rekening dan akun mobile banking. 

Pada publikasinya, pemilik akun pun menyebut mampu menyediakan rekening tabungan dari bank lainnya. Kendati baru disukai oleh lima akun, terdapat satu akun yang berminat dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

Belum lama ini, beredar penjualan rekening Jenius milik Bank BTPN. Menanggapi hal tersebut, pihak BTPN menindak tegas segala penyalahgunaan rekening Jenius dalam bentuk penipuan apa pun, termasuk memperjualbelikan akun Jenius.

Hal in diungkapkan oleh akun twitter resmi Bank BTPN Jenuis Connect dalam menanggapi iklan penjualan akun Jenius Bank BTPN seharga Rp350.000 di media sosial.

"Halo. Jenius berkomitmen untuk segera menindak tegas segala penyalahgunaan rekening Jenius dalam bentuk penipuan apa pun, termasuk memperjualbelikan akun Jenius. Sesuai dengan ketentuan OJK, Jenius berhak menutup rekening yang pembukaan dan pemiliknya tidak jelas," kata manajemen melalui akun resmi tersebut, Sabtu (4/7/2020).

Manajemen melanjutkan apabila ada nasabah yang mengalami tindak penipuan atau menemukan oknum yang memperjualbelikan rekening Jenius, maka dianjurkan untuk segera laporkan melalui e-mail ke Jenius Help.

"Segera laporkan melalui e-mail ke Jenius Help di [email protected]. Terima kasih," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper