Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Semester I/2020, Layanan Remitansi BNI di Luar Negeri Naik Signifikan

Remitansi BNI di Luar Negeri ternyata naik selama corona. Seberapa besar ya kenaikannya?
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  12:05 WIB
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI Hongkong - dokumen BNI
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI Hongkong - dokumen BNI

Bisnis.com, JAKARTA— Layanan pengiriman uang secara digital dari luar negeri dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan pertumbuhan signifikan selama masa pandemi.

Layanan remitansi melalui aplikasi Mobile Remittance (MoRe) milik Bank BNI di Singapura termasuk yang paling aktif bertransaksi.

Berdasarkan data Bank BNI per 30 Juni 2020 terdapat sekitar 30.000 pengguna aplikasi BNI MoRe di Singapura. Adapun, transaksi kiriman uang tercatat tumbuh sebesar 95,1 persen secara tahunan.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya menyampaikan BNI MoRe telah menjadi bentuk kontribusi bank pelat merah membantu pekerja migran Indonesia untuk mengirimkan uang secara digital kepada keluarga di Indonesia dengan aman dan mudah.

Selain di Singapura, Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahyu Setyawan menuturkan bahwa layanan BNI MoRe juga tumbuh di negara lain seperti di Taiwan dengan pertumbuhan 55,9 persen, Korea Selatan 557,7 persen, Inggris dan Eropa 56,3 persen, serta Amerika Serikat dengan pertumbuhan 147,4 persen.

Adapun dalam pengembanganan layanan pengiriman uang secara digital itu, BNI bekerja sama dengan perusahaan teknologi finansial (tekfin) di berbagai negara. Tujuannya, sebanyak 7 juta diaspora di luar negeri dapat dengan mudah mengirimkan uangnya ke Indonesia.

“Hal tersebut merupakan komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi lebih dari 700.000 nasabahnya di luar negeri,” kata Putrama seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (19/7/2020).

Selain digitalisasi transaksi remitansi, Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI disebut Putratama juga berperan aktif membantu pembukaan rekening tabungan secara digital melalui formulir elektronik sekaligus membantu proses aktivasi  BNI Mobile Banking di luar negeri.

Cara itu, katanya, bisa mempermudah transaksi para diaspora di luar negeri untuk keperluan di Indonesia seperti pembayaran listrik, BPJS, pajak, dan transaksi lainnya.

Di dalam negeri, BNI juga memberikan fasilitas kepada nasabah ritel terutama ekspatriat yang ingin melakukan kiriman uang ke luar negeri secara digital melalui fitur international remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking.

Per Juni 2020, transaksi International Remittance pada aplikasi BNI Mobile Banking tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 49,1 persen secara tahunan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni remitansi
Editor : Duwi Setiya Ariyanti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top