Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

8 Kantor Cabang Bank Mandiri di Aceh Konversi jadi Bank Syariah Mandiri

Kebijakan konversi tersebut dilakukan Bank Mandiri Group dalam upaya mendukung implementasi Qanun No.11/2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah di Provinsi Aceh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  17:02 WIB
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Nasabah melakukan transaksi elektronik lewat ATM Bank Mandiri di Jakarta, Senin (1/10/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam upaya mendukung implementasi Qanun No.11/2018, sebanyak delapan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri di Provinsi Aceh telah terkonversi menjadi Bank Syariah Mandiri (BSM).

Area Manager Bank Syariah Mandiri Aceh Firmansyah mengatakan tiga dari delapan kantor cabang tersebut mulai beroperasi penuh dan tidak lagi dalam status kantor bersama, yakni KCP Peunayong, KCP Ulee Kareng, dan KCP Keutapang yang berlokasi di Banda Aceh.

"Kami telah mengkonversi delapan kantor cabang Bank Mandiri, dalam bentuk kantor bersama atau sharing office sejak Mei 2020 lalu dan tiga di antaranya pada hari ini sudah beroperasi penuh, jadi tidak lagi kantor bersama," kata Firmansyah seperti dilansir Antara, Senin (10/8/2020).

Dia menjelaskan sebelumnya tiga kantor KCP Bank Mandiri tersebut berbagi kantor dengan BSM saat proses konversi. Kemudian setelah tuntas 100 persen proses konversi ke BSM, maka Bank Mandiri langsung mengajukan penutupan bank ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Saat ini BSM beroperasi penuh di gedung ini. Insya Allah yang lima [KCP] lagi akan bertahap, mungkin sampai Oktober 2020 paling lambat beroperasi penuh BSM semua dan Bank Mandiri tutup," jelasnya.

Kebijakan konversi tersebut dilakukan Bank Mandiri Group dalam upaya mendukung implementasi Qanun Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah di daerah Tanah Rencong.

Menurut Firmansyah, untuk konversi bisnis yang telah berjalan hingga Agustus ini, pembiayaan atau proses konversi kredit ritel telah mencapai Rp784 miliar atau 43 persen, dengan total nasabah lebih 6.500 orang.

"Kemudian dana pihak ketiga sudah mencapai Rp1,33 triliun atau 37 persen, lebih kurang 41 ribu nasabah. Insya Allah target kami sampai dengan September ini bisa pacu lagi di atas Rp1,6 triliun di seluruh Aceh," katanya.

Selain delapan KCP tersebut, kata dia, pihaknya juga akan membuka 10 kantor baru yang bersifat kantor bersama dan 11 kantor baru lainnya dengan status konversi langsung.

Kebijakan itu untuk mempercepat nasabah dalam mengonversi rekening konvensionalnya ke rekening syariah.

"Konversi langsung itu kami tidak pakai kantor bersama, jadi Bank Mandiri tutup, BSM langsung buka. Nantinya BSM punya 61 jaringan kantor. Sebelum itu BSM sudah memiliki 31 kantor, jadi ini ada tambahan 30 kantor baru yang berasal dari konversi Bank Mandiri," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri bank syariah mandiri aceh

Sumber : Antara

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top