Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nilai Transaksi Kartu Kredit Diproyeksi Lanjutkan Penurunan

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, nilai kartu kredit perbankan turun 9,54 persen secara tahunan pada Mei tahun ini menjadi Rp73,04 triliun.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  20:03 WIB
Nilai Transaksi Kartu Kredit Diproyeksi Lanjutkan Penurunan
Ilustrasi - Lifehacker
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Baki kartu kredit perbankan diperkirakan masih akan melanjutkan tren penurunan pada tahun ini seiring dengan belum meningkatnya daya beli masyarakat.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, nilai kartu kredit perbankan turun 9,54 persen secara tahunan pada Mei tahun ini menjadi Rp73,04 triliun. Baki tersebut merupakan yang terendah sejak 2016.

Di samping itu, rasio kredit bermasalah pada kartu kredit juga tercatat naik menjadi 3,12 persen pada Mei tahun ini dari 2,47 persen pada Mei tahun lalu.

Tidak hanya karena penurunan kredit, tetapi peningkatan baki kredit bermasalah juga memperburuk kualitas kartu kredit perbankan Tanah Air.

Ekonom PT Bank Permata Tbk. Josua Pardede mengatakan dengan masih belum berjalannya aktivitas ekonomi, nilai penggunaan kartu kredit pada 2020 akan mengalami penurunan dibandingkan dengan 2019.

"Meskipun sudah perlahan pulih, namun daya beli masyarakat belum akan mencapai tingkat sebelum krisis. Pertumbuhan kartu kredit ini diperkirakan akan pulih pada 2021 seiring dengan memulihnya perekonomian," katanya, Senin (17/8/2020).

Dia menyebutkan penurunan penggunaan kartu kredit pada paruh pertama tahun ini adalah dampak negatif dari merebaknya pandemi di Indonesia yang juga menurunkan daya beli masyarakat serta ekspektasi di kalangan menengah sehingga mereka cenderung menahan konsumsi.

"Tertahannya konsumsi juga sudah diindikasikan dari kontraksi konsumsi masyarakat pada 2Q20 sebesar 5,51 persen. Dengan demikian, pada umumnya tingkat konsumsi serta penggunaan kartu kredit berjalan beriringan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu kredit transaksi kartu kredit
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top