Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Masa Pandemi, Pinjaman UKM di KoinWorks Naik 67 Persen

Optimisme KoinWorks bahwa Indonesia mampu bangkit dan tak akan mengalami resesi, berdasar pada pertumbuhan penyaluran pinjaman produktif dari para pendana (lender) kepada para peminjam (borrower) produktif sebesar 67,2% di produk Koin Bisnis lewat platform KoinWorks.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  23:41 WIB
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) mencatatkan pertumbuhan penyaluran pendanaan sektor produktif, terutama untuk usaha mikro, kecil dan menengah sebesar 67,2% di masa penyebaran pandemi Covid-19. 

Benedicto Haryono, CEO & Co-Founder KoinWorks, menyatakan pertumbuhan penyaluran pinjaman produktif dari para pendana (lender) kepada para peminjam (borrower) produktif sebesar 67,2% di produk Koin Bisnis lewat platform KoinWorks yang ditopang kenaikan penyaluran di sektor kesehatan. 

"Pertumbuhan permintaan pinjaman ini disumbang oleh antusiasme beberapa sektor UKM Digital. Seperti di sektor kesehatan yang meningkat sebesar 44%, pakaian dan F&B [makanan-minuman/mamin] sebesar 41,78%, olahraga dan hobi sebesar 19,61%, serta handphone dan elektronik sebesar 11,50%," katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (18/8/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya ingin berkontribusi lebih besar dalam hal pemulihan ekonomi dari sisi penyelenggara teknologi finansial peer-to-peer lending (fintech P2P lending). Pasalnya, di tengah ancaman resesi, yang sudah terjadi di beberapa negara seperti Jerman, Singapura, hingga Malaysia, pemberian stimulus dari pemerintah kepada UKM untuk membantu memulihkan ekonomi dinilai belum mencukupi.

"Sektor swasta dan masyarakat pun didorong ikut berkontribusi dalam aksi pemulihan ekonomi dengan bahu membahu mengangkat sektor potensial UKM dan membuka peluang pasar yang ada serta mendorong konsumsi domestik akan produk-produk dalam negeri seperti produk dari sektor UKM di Indonesia," ujarnya.

Ben menjelaskan bahwa KoinWorks akan ikut berperan dengan terus memutakhirkan ragam produk finansial bagi personal dan bisnis untuk terus berjalan beriringan dengan pemerintah Indonesia dalam upaya mendampingi dan mendukung pelaku UKM bergerak maju dan memulihkan kondisi ekonomi Tanah Air.

KoinWorks pun akan terus melanjutkan langkah ini dengan mempersiapkan berbagai strategi demi menggerakkan sektor UKM Digital agar kembali bangkit dan terhindar dari ancaman resesi. 

Di antaranya, memperkuat kolaborasi dengan komunitas dan asosiasi UKM, seperti SMESCO, komunitas UKM Center FEB UI, Sahabat UKM, dan banyak komunitas lainnya, beserta dukungan lembaga pemerintah, juga sektor perbankan.

Untuk kerja sama dengan lembaga pemerintah, KoinWorks belum lama ini juga ditunjuk sebagai salah satu fintech lending untuk menyalurkan pembiayaan ke lebih dari 13.000 UKM binaan dari Pemprov DKI Jakarta. Oleh sebab itu, KoinWorks terus mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional lewat kampanye #BagimuNegeri.

"Kontribusi nyata bisa dilakukan oleh setiap masyarakat Indonesia melalui ragam produk finansial yang ada di KoinWorks. Masyarakat dapat memilih sendiri produk finansial sesuai dengan kebutuhannya sembari memberikan dampak sosial bagi para UKM ataupun negara," tambah Ben.

Seperti diketahui, selaku super financial app, KoinWorks memiliki beragam produk finansial yang bukan hanya bisa memberikan keuntungan sesuai kebutuhan penggunanya, namun juga memberikan dampak sosial bagi pemulihan ekonomi nasional

Mulai dari pendanaan P2P Lending melalui Koin P2P dan Koin Robo, investasi emas melalui Koin Gold, investasi surat utang negara lewat Koin Bond, atau pinjaman produktif melalui Koin Bisnis dan Koin Gaji bagi para pelaku bisnis UKM yang ingin bangkit selepas pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan fintech Koinworks
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top