Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bidik Segmen UKM dan Institusi, Tanamduit Luncurkan Layanan Pengelolaan Kas

Layanan ini diharapkan membantu perusahaan dan institusi untuk mengoptimalkan imbal hasil atas dana kas operational yang selama ini masih menggunakan produk perbankan traditional seperti giro dan tabungan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 17 September 2020  |  17:12 WIB
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Platform digital bidang pengelolaan dana, Tanamduit, meluncurkan inovasi layanan terbaru yakni tanamduit bisnis, untuk melayani segmen UKM, yayasan, koperasi dan institusi lainnya.

Layanan ini diharapkan membantu perusahaan dan institusi untuk mengoptimalkan imbal hasil atas dana kas operational yang selama ini masih menggunakan produk perbankan traditional seperti giro dan tabungan.

Co-Founder & CEO PT Star Mercato Capitale (tanamduit) Rini Hapsari, menyatakan dengan solusi layanan tersebut perusahaan dapat dengan mudah, cepat dan aman untuk mengalokasikan dana kas yang tidak terpakai ke produk produk reksadana pasar uang yang ada di tanamduit bisnis.

“Rata-rata UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain dalam mengelola dana kas transaksional hanya memanfaatkan produk bank berbentuk giro dan tabungan, di mana bunga yang dihasilkan hanya sekitar 1 persen per tahun,” ujar Rini dalam acara peluncuran layanan tanamduit bisnis, Kamis (17/9/2020).

Dengan melihat permasalahan tersebut, kata Rini, tanamduit memberikan solusi dengan menghadirkan inovasi terbarunya untuk memudahkaan pelaku bisnis.

“Dengan menempatkan dana idle di reksa dana pasar uang yang memilih imbal hasil lebih tinggi, yakni sekitar 5-7 persen per tahun, pencairan dapat dilakukan kapanpun tanpa penalti, dan risiko rendah setara deposito, yayasan, UKM, koperasi, maupun institusi lain dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh,” papar Rini.

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh investor adalah proses transaksi yang mudah dan dilakukan secara online melalui website tanamduit bisnis.

Dalam fitur ini investor akan disajikan data-data kinerja historis reksa dana, prospektus, dan fund fact sheet yang berfungsi untuk membantu investor dalam menemukan produk yang sesuai.

Rini melanjutkan, tanamduit juga menyajikan produk reksa dana pasar uang yang beragam dari jenis konvensional maupun syariah yang berasal dari berbagai Manajer Investasi yang terpercaya.

Semua produk reksadana pasar uang yang ditawarkan memiliki fitur dapat dicairkan sewaktu waktu di mana dana akan efektif pada  T+1 (hari kerja bursa) dari instruksi pencairan.

Muhamad Hanif, Co-Founder tanamduit menambahkan layanan tanamduit bisnis menggunakan mekanisme maker dan checker dalam bertransaksi.

Mekanisme maker adalah orang yang didelegasikan oleh yayasan, UKM, koperasi, maupun institusi lain untuk membuat keputusan sendiri berinvestasi atau transaksi jual beli reksa dana di platform tanamduit bisnis. Dengan fitur ini semua transaksi dapat dilakukan dari manapun dengan cepat, mudah dan aman. 

Hingga saat ini tanamduit telah menawarkan instrumen investasi seperti reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN), obligasi, emas dan produk asuransi yang tersedia di dalam satu aplikasi.

Dia menambahkan, dalam mengelola intrumen reksa dana pihaknya memiliki keahlian dengan perizinan serta diawasi otoritas jasa keuangan (OJK) dan tercatat sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm reksa dana fintech
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top