Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Modal Ventura Incar Startup Ramah Lingkungan dan Investasi Early Stage

Investasi di perusahaan startup early stage tidak membutuhkan dana yang besar karena valuasinya yang masih rendah, dan effort besar yang diperlukan untuk masuk investasi early stage.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 22 September 2020  |  14:28 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan-perusahaan modal ventura, salah satunya PT Mandiri Capital Indonesia (Mandiri Capital), mengincar perusahaan rintisan (startup) yang masih butuh pendanaan awal.

Alamanda Shantika Santoso, President Director Binar Academy sekaligus advisor Mandiri Capital menjelaskan alasan kenapa perusahaan startup yang masih early stage dan Series A, B, atau C dinilai lebih menarik. .

Pertama, investasi di perusahaan startup early stage tidak membutuhkan dana yang besar. Ini disebabkan valuasinya yang masih rendah, dan effort besar yang diperlukan untuk masuk investasi early stage.

"Untuk masuk ke early stage memang seperti gambling. Namun untuk Series B atau C risikonya sudah juga lebih kecil. Secara teoritis early stage hingga Series C memiliki potensi gain 10 kali lipat," jelas Alamanda dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Sebaliknya, berinvestasi di startup yang sudah naik kelas hingga decacorn, membuahkan dana yang besar karena perusahaan tersebut sudah melihat profitabilitas dari bisnisnya.

Dengan mereka sudah memikirkan profitabilitas, membuat perusahaan decacorn ini masih memiliki potensi untuk tumbuh, dan pasti sudah berpikir untuk exit di initial public offering atau IPO.

"Investor yang ingin berinvestasi di perusahaan kelas decacorn, dana yang dibutuhkan sangat besar dengan pengaliannya lebih sedikit. Namun, resikonya jauh lebih dapat di manage karena bisnisnya sudah jelas," tambahnya.

Alamanda mengungkap, Mandiri Capital sendiri tengah fokus mencari perusahaan rintisan di segmen yang mengembangkan bisnisnya ke arah sustainability dan ramah lingkungan.

Misalnya, startup yang mengembangkan solar panel dan home garden dinilai Mandiri Capital memiliki potensi yang sangat bagus di masa mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp mandiri capital indonesia fintech
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top