Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menabung Agar Siap Menghadapi Resesi

Banyak orang yang kesulitan selama pandemi, karena PHK masal, atau pemotongan gaji di perusahaan tempat mereka bekerja.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 September 2020  |  09:28 WIB
Ilustrasi menabung - Istimewa
Ilustrasi menabung - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menabung dan  berhemat menjadi hal penting di kala menghadapi resesi, termasuk resesi karena wabah seperti saat ini.

Banyak orang yang kesulitan selama pandemi, karena PHK masal, atau pemotongan gaji di perusahaan tempat mereka bekerja.

Di sinilah pentingnya Anda memiliki dana darurat atau tabungan agar bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup ketika gaji hilang.

Tapi, tidak semua orang bisa menabung, meski penghasilan mereka mencukupi.

Untuk menyiasati hal itu, ada trik menabung yang mungkin bisa Anda terapkan berdasarkan saran dari pakar Keuangan AS Dave Ramsey yang juga CEO dari Ramsey Solution.

"Satu hal yang saya pelajari selama bertahun-tahun adalah bahwa orang hanya mulai menabung ketika mereka mempelajari kebiasaan uang yang sehat seperti hidup dengan anggaran bulanan tertulis dan berpikir bahwa kebutuhan masa depan mereka menjadi lebih penting daripada keinginan mereka saat ini," ujarnya seperti dilansir dari Foxnews.

Dia mengatakan menabung baru bisa dilakukan jika Anda menjadikan tabungan sebagai prioritas.

"Ada banyak cara praktis dan mudah untuk menghemat uang dan menghirup sedikit udara ekstra ke dalam keuangan Anda," katanya.

Yang terbesar adalah dengan mengucapkan selamat tinggal pada utang. Pembayaran utang bulanan adalah penguras terbesar yang dapat menahan orang untuk menabung, karena hutang merampas pendapatan Anda.

Kebanyakan orang terkejut ketika mereka menyadari berapa banyak yang sebenarnya mereka belanjakan di toko bahan makanan. Sangat mudah untuk berjalan melalui lorong meraih sesuatu dengan dorongan hati. Karena itu, hemat uang Anda untuk belanjaan dengan merencanakan makanan Anda setiap minggu.

Berikut beberapa ide menabung dari Dave Ramsey :

1. Beli obat generik dan setop beli barang branded. Salah satu cara termudah untuk menghemat uang adalah setop membeli barang bermerk mahal.

2. Lewati kedai kopi, dan buat kopi di rumah.

3. Bawa makan siang Anda ke kantor, dan sarapan dan makan malam di rumah.

4. Periksa biaya asuransi. Disini Anda bisa lihat apakah benefit yang Anda dapatkan sesuai dengan yang dibayarkan.

5. Saat membeli, bayar tunai dan tanyakan tentang diskon. Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda bertanya, dan Anda harus selalu bertanya.

6. Rapikan rumah, garasi, ruang bawah tanah, atau loteng Anda. Singkirkan hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan rela Anda lepaskan demi masa depan finansial Anda.

7. Kurangi tagihan ponsel Anda dengan menyingkirkan fasilitas tambahan, atau kurangi konsumsi kebiasaan memantau media sosial belasan jam yang bisa menguras kantong Anda.

8. Jika tujuan Anda adalah untuk menghemat uang, liburan adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Menemukan kesenangan di dekat rumah akan menghemat ratusan atau bahkan jutaan rupiah.

9. Dalam hal menabung, hati-hati membelanjakan uang Anda karena bisa jadi lebih besar daripada berapa banyak yang Anda hasilkan!

Atau, Anda juga bisa menabung dengan tips yang disarankan oleh Wikihow melalui video berikut ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tabungan gaji tips keuangan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top