Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Serikat Pekerja BPJS Ketenagakerjaan; Direksi dan Pengawas Baru Jangan Bertukar Peran

Presiden Joko Widodo telah membentuk panitia seleksi penjaringan calon direksi dan pengawas BPJS Ketenagakerjaan untuk periode 2021-2026.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 September 2020  |  21:16 WIB
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Serikat Pekerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (SP BPJamsostek) mengharapkan direksi dan dewan pengawas yang disodorkan oleh panitia seleksi ke pemerintah dan DPR merupakan sosok yang memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Penekanan ini penting agar tidak terjadi peran yang tertukar antar dua jabatan ini. Ia menyebutkan direksi yang dipilih adalah sosok yang mampu sebagai pelaksana. Sedangkan dewan pengawas sebagai pemberi rambu-rambu. Bukan sebaliknya.

Selain itu, serikat pekerja menghaharapkan lebih banyak sosok dari internal yang maju dan mendaftarkan diri dalam proses seleksi badan publik pengelola aset Rp444 triliun itu.

Tri Chandra Kartika, Ketua Umum DPP SP BPJamsostek mengharapkan calon internal yang bersaing untuk mencalokna diri sebagai direksi bersaing secara sehat, tidak menjatuhkan dan menjaga etika.  

"Kami berharap kalangan internal yang memenuhi syarat mendaftar agar wakil dari internal di jajaran dewas dan direksi periode berikutnya lebih banyak," ujar Tri seperti dilansir Antara, Jumat, (25/9/2020).

Tri optimis calon dari internal cukup berkualitas. Sosok karyawan BPJS Ketenagakerjaan disaring secara ketat oleh tim independen. Juga telah melalui pendidikan tentang jaminan sosial (social security) dalam dan luar negeri.

Ketika ditanya perbandingan direksi yang didominasi oleh kalangan internal seperti dua periode sebelumnya dengan yang sekarang dengan satu perwakilan dari dalam, Tri mengatakan direksi dua periode sebelumnya punya nilai plus. Namun, dia tidak menutup kemungkinan pada calon dari luar yang bisa cepat tune in di era pandemi COVID-19 saat ini.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menerbitkan keputusan presiden mengenai panitia seleksi calon dewas dan direksi BPJS Ketenagakerjaan. Sosok yang menjadi panitia penjaringan yakni Ketua Haiyani Rumondang, Wakil Ketua Hadiyanto, Anggota Ahmad Erani Yustika, Hotbonar Sinaga, Myra Maria Hanartani, Padang Wicaksono, Rahma Iryanti, dan Sekretaris Ricky Radius Siregar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BP Jamsostek bpjs ketenagakerjaan

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top