Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Finansial, Kredit Bermasalah Fintech Lending Melambung dan Bumiputera Terancam Sanksi Pidana

Berita kredit bermasalah fintech lending melambung, OJK ambil sikap jadi berita terpopuler kanal Finansial hari ini, Kamis (15/10/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  16:25 WIB
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

1. Kredit Bermasalah Fintech Lending Melambung, OJK Ambil Sikap

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator menekankan telah mengambil sikap terkait naiknya tren kredit bermasalah industri teknologi finansial peer-to-peer lending (fintech lending).

Sekadar informasi, data OJK menggambarkan bahwa naiknya tingkat kredit bermasalah atau wanprestasi pengembalian pinjaman 90 hari (TWP90) fintech lending terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Wih! ASII Borong Saham Aviva di Astra Life

Setelah lama tidak terdengar kabar, akuisisi saham Aviva Plc. dari Inggris oleh PT Astra International Tbk. (ASII) segera direalisasikan.

Astra akan membeli saham Aviva Plc. yang ada di PT Astra Aviva Life (Astra Life). Perusahaan asuransi jiwa yang dibangun kedua konglomerasi 6 tahun lalu.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Bukan 25 Kali, Ini Perhitungan Pesangon Pensiun dalam UU Cipta Kerja

Pesangon pekerja dalam UU Cipta Kerja yang baru disahkan sebesar 19 kali. Dengan realitas ini maka terjadi penurunan manfaat yang diterima oleh pekerja berdasarkan undang-undang sapu jagat ini.

Penurunan manfaat ini karena sebelumnya dalam perhitungan pesangon yang menggunakan UU No. 13/2020, besaran pesangon maksimal adalah 32,2 kali.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Waduh! Kredit Bermasalah BPR Terus Menanjak, Sentuh Level 8,34 Persen

Rasio kredit bermasalah bank perkreditan rakyat terus menanjak sejak ada pandemi atau mulai April 2020. Terakhir, posisi rasio kredit bermasalah pada Juli 2020 telah menyentuh level 8,34 persen.

Sebelum terjadi pandemi, atau pada Maret 2020, rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) BPR adalah sebesar 7,95 persen. Pada Januari dan Februari 2020 besaran NPL masing-masing 7,26 persen dan 7,53 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Bumiputera Terancam Sanksi Pidana jika Tak Penuhi Perintah OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan adanya ketentuan pidana jika Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 tidak melaksanakan perintah tertulis, salah satunya mengenai pembentukan Rapat Umum Anggota atau RUA.

Hal tersebut tercantum dalam salinan surat OJK yang diperoleh Bisnis bernomor S-35/D.05/2020 dengan keterangan waktu Kamis (1/10/2020). Surat bertajuk Perintah Tertulis itu disampaikan oleh otoritas kepada RUA Bumiputera, atau yang sebelumnya bernama Badan Perwakilan Anggota (BPA) Bumiputera.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top