Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Soal Kredit Bank Anjlok, Ketua Himbara: Permintaan yang Harus Didorong

Menurut Sunarso, di masa pandemi yang membuat kegiatan ekonomi semakin sulit, pelaku usaha tetap akan cenderung melakukan penghematan dengan tidak menambah beban termasuk dari penarikan kredit.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  13:06 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso menjawab pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso menjawab pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) sekaligus Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso menyebutkan perbankan tidak seharusnya didorong-dorong untuk menyalurkan kredit di saat pelaku usaha tidak membutuhkan kredit.

Pasalnya di tengah masa pandemi yang membuat kegiatan ekonomi semakin sulit, pelaku usaha tetap akan cenderung melakukan penghematan dengan tidak menambah beban termasuk dari penarikan kredit.

"Kami tidak bisa mendorong pelaku usaha. Orang mereka tidak butuh. Demand-nya yang harus didorong. Ya akhirnya strategi perbankan adalah bisnis follow stimulus," sebutnya dalam webminar IdScore Indonesia, Kamis (15/10/2020).

Lagi pula, dia menambahkaan, perbankan saat ini tidak menghadapi risiko likuditas yang dalam, seperti yang dikhawatirkan pada masa awal pandemi. Dana masyarakat jutsru tumbuh baik dan diikuti dengan penempatan dana pemerintah yang masif.

"Jadi kalau mau dorong pertumbuhan ekonomi, maka strategi yang tepat bukan lagi penyediaan likuditas tetapi penguatan stimulus," imbuhnya.

Adapun, Sunarso menyebutkan perbankan memiliki dana, data, dan ketersediaan SDM yang mumpuni untuk membantu penyaluran stimulus pemerintah secara cepat.

"Data, sistem people, semua itu ada di kami Himbara khususnya BRI. Dan karena ini stimulus dana tentu itu dari pemerintah," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top