Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Finansial, Program Pensiun Bakal Dipindah ke BP Jamsostek, Ini Respon Komisaris Asabri dan BRI Sebut Penyaluran Kredit Capai Rp100 Triliun Sejak Awal 2020

Berita program pensiun bakal dipindah ke BP Jamsostek, ini respon komisaris Asabri jadi berita terpopuler kanal Finansial hari ini, Jumat (16/10/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  17:51 WIB
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), di Jakarta. - Bisnis/Dedi Gunawan
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), di Jakarta. - Bisnis/Dedi Gunawan

1. Program Pensiun Bakal Dipindah ke BP Jamsostek, Ini Respon Komisaris Asabri

Komisaris PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri menyatakan bahwa perseroan harus siap jika harus memindahkan programnya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan.

Wakil Komisaris Utama Asabri Ida Bagus Purwalaksana menjelaskan bahwa perseroan harus siap melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah (PP) 54/2020 tentang Perubahan atas PP 102/2015 tentang Asuransi Sosial Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian RI.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Laba Anjlok, Bos BRI Blak-blakan Soal Skenario Terburuk 2020

Seperti halnya bank lain, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tengah berjibaku dengan restrukturisasi pembiayaan bermasalah dan lesunya permintaan kredit akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap pendapatan BRI pada tahun ini. Gejala itu sudah terasa sejak paruh pertama tahun ini. Padahal, dalam 16 tahun terakhir bank pelat merah itu selalu mencetak laba tertinggi seantero negeri.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pembiayaan Bermasalah Terus Naik, Fintech Lending Perbaiki Kualitas Pinjaman

Tren naiknya tingkat pinjaman bermasalah kini tengah dialami industri teknologi finansial peer-to-peer lending (fintech lending) Indonesia. Namun, dari 157 platform legal yang berperan mempertemukan pendana (lender) dan peminjam dana (borrower), tak semuanya mengalami fenomena serupa yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini.

Apabila tingkat wanprestasi pengembalian pinjaman 90 hari (TWP90) rata-rata terlampau tinggi, kepercayaan dan tingkat penerimaan masyarakat pada risiko di dalam industri bakal jadi pertaruhan di masa depan.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Hati-hati! Profil Risiko Debitur dan Kredit Bermasalah Bank & NonBank Terus Naik

PEFINDO Biro Kredit-IdScore mengungkapkan bahwa pandemi telah memengaruhi kemampuan membayar debitur yang menyebabkan terjadinya perubahan profil risiko debitur dan peningkatan rasio non performing loan (NPL).

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit-IdScore, menyebutkan data kelolaan yang diamati pihaknya menunjukkan nilai portofolio kredit anggota (dari kalangan Bank Umum, BPD, BPR dan perusahaan pembiayaan) pada Agustus 2020 tercatat Rp3.335 trilun atau turun 17% dibandingkan dengan Februari yang saat itu nilainya Rp4.010 triliun.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. BRI Sebut Penyaluran Kredit Capai Rp100 Triliun Sejak Awal 2020

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyampaikan perseroan telah menyalurkan kredit senilai Rp100 triliun lebih dari awal tahun hingga hari ini, Kamis (15/10/2020).

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan permodalan merupakan hal yang paling dibutuhkan pelaku usaha, di tengah kondisi normal maupun saat pandemi terjadi.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri BP Jamsostek asabri bpjs ketenagakerjaan fintech Berita Terpopuler
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top